Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Wacana UNBK untuk SD di Jakarta, Disdik DKI Tunggu Hasil Kajian

Kompas.com - 20/10/2019, 19:43 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Belakangan ini beredar kabar di kalangan dunia pendidikan di wilayah Provinsi DKI Jakarta, khususnya untuk tingkat sekolah dasar (SD), bahwa ada rencana Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD akan dilaksanakan berbasis komputer, atau dikenal istilah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).


Menanggapi hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaifullah membenarkan mengenai rencana tersebut, tetapi pihaknya masih membahas dan menyiapkan secara matang.

Salah satu hal yang menjadi perhatian untuk dipertimbangkan yaitu kesiapan kondisi psikologis siswa-siswi SD dalam menghadapi UNBK jika jadi diterapkan di wilayah Jakarta. Sebab, selama ini mereka terbiasa mengerjakan soal UN dengan menggunakan kertas dan alat tulis.

Maka dari itu, saat ini sedang dilakukan pengkajian mengenai sejauh mana persiapan para pelajar SD, baik dari segi kemampuan maupun persiapan mental.

Baca juga: Mari Bantu Siswa-siswi SD di Flores Agar Tak Lagi Pikul Air 5 Km untuk Siram Toilet

“Rencana UNBK untuk SD di DKI sedang dalam kajian. Kami ingin memastikan kesiapan mental anak-anak menghadapi ujian itu. Karena menggunakan komputer perlu kemampuan dan kesiapan psikologis,” ujar Syaifullah saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (18/10/2019).

Dia menjelaskan, pentingnya dilakukan pengkajian itu supaya nantinya pelaksanaan UNBK bisa berjalan efektif bagi siswa SD. Saat ini pengkajian itu masih terus berlangsung dan belum bisa diketahui kapan selesainya.

Kalaupun hasilnya nanti sudah diperoleh, belum bisa dipastikan juga akan diterapkan tahun depan. Sebab, selain kesiapan siswa, hal lain yang harus diperhatikan juga adalah kesiapan infrastruktur, misalnya peralatan dan program komputer.

“Jangan sampai UNBK itu nanti tidak efektif. Kajian dilakukan tahun ini, kalau hasilnya bagus bisa tahun depan, tapi kami tidak mau memaksakan secepatnya,” imbuh Syaifullah.

Untuk diketahui, selama ini pelaksanaan USBN untuk SD di DKI Jakarta masih menggunakan lembaran kertas sebagai media untuk menyampaikan pertanyaan dan jawaban ujian. Adapun UNBK telah dilaksanakan untuk SMP dan SMA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com