Mendorong Siswa Terlibat dalam Pembangunan Berkelanjutan

Kompas.com - 24/10/2019, 22:53 WIB
Siswa Binus School Simprug turut berpartisipasi dalam SDGs Conference di Jakarta, 8-9 Oktober 2019. DOK. BINUS SCHOOLSiswa Binus School Simprug turut berpartisipasi dalam SDGs Conference di Jakarta, 8-9 Oktober 2019.

KOMPAS.com - Bina Nusantara (Binus) School Simprug menghadiri acara Sustainable Development Goals (SDGs) Annual Conference 2019 yang digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Binus School Simprug menjadi satu-satunya sekolah perwakilan Indonesia berkesempatan menghadiri konferensi yang tahun ini mengakat tema “Sustainable Life for Our Ocean” dan dibuka Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.  dan 

SDGs merupakan perencanaan yang sudah dibuat pada tahun 2015 oleh United Nations dan diharapkan dapat direalisasikan serta tercapai pada tahun 2030.

SDGs memaparkan berbagai permasalahan dunia, seperti kelaparan, kemiskinan dan kelestarian lingkungan. Pencapaian SDGs ini sangat penting karena akan membantu mengurangi masalah yang dihadapi masyarakat dan juga dapat memperbaiki keseimbangan hidup pada saat ini sampai pada masa yang akan datang.

Terlibat di konferensi

Bentuk partisipasi Binus School Simprug dalam SDGs Conference ini melalui pementasan musik menyanyikan lagu “Love Song to The Earth” dan “Meraih Bintang” diiringi musik tradisional berpadu dengan alat musik modern.

Baca juga: Binus Malang Perkuat Wirausaha Digital di Kawasan Timur Indonesia

Pementasan dalam acara pembukaan gala dinner SDGs ini melibatkan 30 siswa kelas 6 SD kemudian dilanjutkan presentasi 2 siswa mengenai “Life Below Water” yang merupakan hasil PYP Exhibition yang telah mereka kerjakan ketika masih duduk di kelas 5 SD.

“Kami ikut berpartisipasi aktif dalam menjalankan SDGs dengan mensosialisasikan pengetahuan tentang SDGs semenjak murid-murid kami masih duduk di kelas 3 SD. Di sekolah kami juga membahas cara-cara apa yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan SDGs goals, baik dalam bentuk projek ataupun inisiatif-inisiatif lainnya untuk mencapai target SDGs” ungkap Dominga B.Cortez, Gr.6 Level Head.

Hal senada disampaikan Angie Kilbane, Koordinator Service in Action,  “Menurut saya, acara SDGs Conference ini menjadi kesempatan yang baik bagi murid-murid dalam memperluas wawasan mereka dan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah serta generasi muda lainnya dalam menciptakan dunia yang lebih baik."

Aneka proyek siswa

Berbasis kurikulum IB, sekolah ini pada tingkat Middle School memiliki program Service as Action untuk mendorong siswa memiliki kegiatan berhubungan dengan SDGs.

Beberapa contoh projek dimiliki siswa diantaranya projek Community Cat Care dari murid-murid kelas 7 (terkait dengan SDGs Goal no.15 tentang Life on Land ) dan murid kelas 6 membuat solar powered bill board (terkait dengan SDGs Goal no.7 tentang Affordable and Clean Energy).

Beberapa program lain yang dikerjakan siswa yakni program "Anak Cerdas Charity & Happy Hearts Binus" (SDG 4 tentang Education Quality ). Program ini tengah menggalang dana untuk anak-anak di Kupang, NTT dalam pembangunan kembali fasilitas sekolah serta pendidikan lebih baik.

Projek lainnya adalah Sondaicus (proyek menyelamatkan badak bercula satu – Javanese Rhino) dan program Eco Committee yang berfokus kepada SDGs Goal no.3 mengenai “Good Health & Well being”.

“Apabila kami mengajarkan tentang SDGs ke murid-murid lalu memberikan penjelasan betapa pentingnya untuk peduli dan mempertimbangkan bagaimana kita harus bersikap demi kehidupan yang lebih baik di masa depan, maka kami sebagai sekolah harus mampu menjadi role model dalam memberikan contoh-contoh yang baik sebagai usaha untuk mencapai target SDGs," ujar Angie Kilbane.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X