Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ikut Pelatihan Kepemimpinan di AS? Ada Beasiswa Hansen Leadership Institute

Kompas.com - 27/10/2019, 18:24 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hansen Leadership Institute yang sebelumnya dikenal Hansen Summer Institute for Leadership and International Cooperation merupakan program internasional yang didanai dari Fred J Hansen Foundation.

Sebagaimana disampaikan di laman resminya, lembaga ini menyediakan program pelatihan kepemimpinan dan pengalaman kuliah yang unik di kampus melalui kerja sama internasional untuk menangani pemecahan masalah.

Sebanyak 25 pemuda-pemudi dari Amerika Serikat dan berbagai negara di dunia akan berkumpul di University of San Diego, Amerika Serikat, selama tiga minggu pada Juli 2020 untuk mengikuti program intens dan yang akan mengubah hidup.

Setelah menyelesaikan program itu, mereka akan bergabung dengan keluarga besar alumni Hansen dan terus menjalin hubungan melalui berbagai media, termasuk media sosial.

Hansen Leadership Institute telah menyelesaikan program musim panas ke-10 pada Juli 2019. Kelompok ke-10 dari HLI Fellows akan ditampilkan di situs web hansenleadershipinstitute.org mulai Oktober 2019.

Selanjutnya, Hansen Leadership Institute akan kembali menjadi tuan rumah bagi kelompok berikutnya pada Juli 2020 di School of Leadership and Education Sciences (SOLES) University of San Diego.

Baca juga: Terpanggil untuk Membangun Masyarakat? Ada Beasiswa Khusus ke Amerika

Tujuan utama Hansen Leadership Institute yaitu menciptakan komunitas internasional terdiri dari para cendekiawan muda yang akan menggunakan pengalaman mereka untuk menciptakan persahabatan yang terus berlangsung serta memperoleh keterampilan dan pengetahuan untuk menyosialisasikan dunia yang lebih damai.

Program ini meliputi pelatihan dalam kelas yang interaktif dengan menggunakan teknik terbaru dalam penyelesaian konflik, mediasi dan dialog, serta manajemen antar-budaya.

Pelatihan di kelas juga akan ditambah dengan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah dan berbagai acara kebudayaan di San Diego, termasuk di Balboa Park, Sea World, parade tanggal 4 Juli, berlayar, dan kunjungan ke perbatasan AS-Meksiko.

Hansen Leadership Institute bertujuan untuk memberikan wadah kepemimpinan kepada para siswa untuk menyelesaikan berbagai konflik dan membangun masa depan yang lebih baik di negara asal masing-masing peserta dan di seluruh dunia.

Persyaratan:

1. Calon peserta merupakan lulusan sarjana (S1) atau mahasiswa S1 yangtelah menempuh kuliah minimal dua tahun.

2. Calon peserta adalah mahasiswa pasca-sarjana dengan peminatan pada bidang hubungan internasional, diplomasi, pengembangan ekonomi internasional, atau bidang terkait.

3. Calon peserta harus berusia antara 20 sampai 25 tahun pada 1 Juli 2020.

4. Calon peserta mampun menunjukkan potensi kepemimpinannya di luar kelas, dalam suatu komunitas, negara, atau wilayah tertentu.

5. Calon peserta mendapatkan surat keterangan dari penasihat akademik yang berisi verifikasi kemahiran bahasa Inggrisnya.

6. Calon peserta memiliki paspor internasional yang valid dan visa AS jika diperlukan saat itu program dimulai.

7. Prioritas diberikan kepada calon peserta yang belum pernah mengunjungi Amerika Serikat.

Pendaftaran telah dimulai sejak 20 September 2019 dan dibuka sampai 15 Januari 2020. Untuk mengetahui informasi mengenai cakupan pembiayaan dan keterangan lainnya, silakan mengakses langsung ke situs resmi https://www.hansensummerinstitute.org.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com