Perkuat Aplikasi Sains, Fatih School Aceh Gelar "STEMS Expo 2019"

Kompas.com - 27/10/2019, 19:56 WIB
Fatih Bilingual School Banda Aceh menggelar Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Social Studies (STEMS) Expo pada Jumat-Sabtu, (25-26/20 2019) di lingkungan sekolah, Lamlagang, Banda Aceh. DOK. FATIH SCHOOL ACEHFatih Bilingual School Banda Aceh menggelar Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Social Studies (STEMS) Expo pada Jumat-Sabtu, (25-26/20 2019) di lingkungan sekolah, Lamlagang, Banda Aceh.

KOMPAS.com - Keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreatif, kemampuan komunikasi dan kolaborasi hanya dapat diperoleh saat siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh di kelas ke dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal inilah yang kemudian mendorong Fatih Bilingual School Banda Aceh menggelar "Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Social Studies (STEMS) Expo" pada Jumat-Sabtu, (25-26/20 2019) di lingkungan sekolah, Lamlagang, Banda Aceh.

"Fatih STEMS Expo adalah salah satu wadah di mana para siswa diajak mengaplikasikan teori-teori pelajaran yang mereka dapatkan di kelas dalam kehidupan sehari-hari," jelas School Director Fatih Bilingual, Nurhadi Hafman melalui rilis resmi.

Kegiatan diisi pameran proyek studi siswa dari jenjang SD, SMP, hingga SMA Fatih Bilingual School.

Dari proposal hingga pameran

Terdapat sekitar 100 stan proyek penelitian sederhana ditampilkan dalam kegiatan ini. Selain orangtua siswa, alumni, dan guru, acara juga dihadiri praktisi pendidikan, undangan, peserta seminar pendidikan, dan masyarakat sekitar.

Nurhadi menjelaskan persiapan proyek penelitian siswa ini telah dilakukan dalam waktu cukup lama dan diintegrasikan dalam proses pembelajaran di kelas.

Baca juga: Mas Nadiem, Ini 11 Pesan Guru Nusantara untuk Pendidikan Indonesia

Sebelum menampilkan proyek STEM di ajang pameran, siswa terlebih dahulu harus mengajukan proposal percobaan dipilih, mempresentasikan di depan dewan guru, membuat video percobaan kemudian diunggah ke akun Youtube, dan mempersiapkan stan STEMS Expo untuk dua hari acara.

Melalui program Fatih STEMS Expo ini, kata Nurhadi, para siswa diajak untuk membangun Keterampilan Abad 21 (21st Century Skills) atau yang biasa disebut 4C, yaitu: collaboration, communication, critical thinking, dan creativity, selain belajar memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

Selain STEMS Expo, dalam waktu bersamaan Fatih Bilingual Sechool juga menggelar babak final "Fatih Round Science Competition (Friction)-National Series 2019". Kompetisi ini merupakan perlombaan bidang olimpiade sains (matematika dan IPA) tingkat SD dan SMP.

"Babak penyisihan Friction telah dilakukan pada 5 Oktober 2019 secara offline di 13 sekolah mitra yang tersebar di berbagai wilayah dan secara online tingkat nasional," ujar Nurhadi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X