“Mahasiswa Kubu-kubu”atau “Kuman-kuman”, Kamu Termasuk yang Mana?

Kompas.com - 30/10/2019, 21:09 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com – Beberapa istilah yang melekat kepada seorang mahasiswa telah kita ketahui sebelumnya. Istilah itu diberikan sesuai kegiatan di dalam ataupun luar kampus yang sering dikerjakan sehari-hari.

Sebagai contoh, ada istilah “kusem-kusem”. Ini merupakan singkatan dari kuliah-seminar kuliah-seminar. Mahasiswa tipe ini seharusnya mempunyai banyak ilmu dan wawasan yang luas karena dia mendapatkan berbagai macam pengetahuan dari seminar-seminar yang diikutinya.

Selain itu, dikenal juga sebutan “kunang-kunang”. Kepanjangannya yaitu kuliah-nangkring kuliah-nangkring. Bagus atau tidaknya mahasiswa jenis ini tergantung dari tempat dia nangkring.

Tempat nangkringnya bisa di perpustakaan kampus yang akan menjadikannya mahasiswa beprestasi. Namun, kalau nangkringnya di kafe untuk bersenang-senang, pastinya tidak ada pengaruh positif untuk perkuliahan.

Ternyata masih ada istilah lain lagi untuk jenis-jenis mahasiswa yang perlu kita ketahui. Seperti disampaikan di Rencanamu.id, simak empat istilah lainnya berikut ini:

1. Kubu-kubu

Kubu-kubu merupakan singkatan dari "kuliah-burjo kuliah-burjo". Maksudnya, mahasiswa itu berangkat kuliah, lalu sepulang dari kampus akan menuju ke warung bubur kacang hijau.

Baca juga: Di Unpad, Mahfud MD Minta Pihak Kampus Tak Larang Mahasiswa Diskusi

Biasanya aktivitas ini dilakukan oleh mahasiswa laki-laki. Bicara soal bermanfaat atau tidak, hal itu tergantung apa yang dilakukan di warung tersebut. Jika dia hanya bergosip, tentu tidak ada gunanya.

Namun, kalau yang dilakukan adalah diskusi tentang kegiatan kuliah, pastinya memiliki pengaruh positif terhadap hasil prestasi studi di kampus.

2. Kuker-kuker

Mahasiswa tipe ini bisa dibilang tangguh. Sesuai kepanjangannya, yaitu "kuliah-kerja kuliah-kerja", mahasiswa jenis ini termasuk orang pekerja keras.

Bayangkan saja aktivitasnya yang harus bekerja sebelum atau sesudah jam kuliah. Dia tidak hanya harus belajar dan mengerjakan tugas kuliah, tetapi juga menyelesaikan pekerjaan di tempat kerjanya sesuai tuntutan perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X