Hari Ayah Nasional, 3 Peran Ini Jadikan Ayah Pahlawan Keluarga

Kompas.com - 12/11/2019, 09:16 WIB
Ilustrasi ayah dan anak shutterstockIlustrasi ayah dan anak

Tuhan tolonglah sampaikan sejuta sayangku untuknya. Ku terus berjanji tak kan khianati pintanya...

Ayah dengarlah betapa sesungguhnya ku mencintaimu. Kan ku buktikan ku mampu penuhi maumu...

KOMPAS.com - Kutipan lagu berjudul "Yang Terbaik Bagimu (Jangan Lupakan Ayah)" merupakan lagu yang dipopulerkan Ada Band dan Gita Gutawa dan menjadi satu diantara banyak lagu bertema ayah yang diciptakan sebagai bentuk penghargaan untuk Ayah.

Meski tanggal 12 November telah ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional, peran ayah dalam pengasuhan anak masih perlu terus ditingkatkan.

Survei tentang Kualitas Pengasuhan Anak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2015 menyampaikan baru sekitar 1 dari 3 laki-laki yang mencari informasi merawat dan mengasuh anak sebelum maupun sesudah menikah.

Dari data yang sama, 1 dari 2 ayah mendampingi istri saat menjalani pemeriksaan kehamilan. Hal ini terus berlanjut dalam pengasuhan anak. Tercatat, ayah yang terlibat dalam proses pengasuhan anak secara langsung baru mencapai angka 27,9 persen.

Peran ayah telah menjadi isu penting dalam pendidikan keluarga. Hal ini untuk mengingat peran strategis ayah yang tidak kalah penting dalam pendidikan di samping ibu.

Baca juga: Hari Ayah Nasional: Ini 3 Peran Penting Ayah, Tanpa Ayah Galau Melanda!

Lalu, bagaimana idealnya ayah menjalankan peran dalam pendidikankeluarga? Dilansir dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud yang merujuk pada penelitian ilmiah "The Role of the Father in Child Development, berikut

1. Tanggung jawab 

Sebagai perawatan dan penjaminan kesejahteraan keluarga, ayah harus dapat menyediakan sandang, pangan dan tempat tinggal dengan lingkungan yang aman, nyaman bagi keluarga, termasuk akses ke tempat pengobatan jika ada kondisi darurat.

Secara umum, peran sebagai penanggung jawab inilah yang dilihat sebagai peran utama ayah selama ini, yaitu mencari nafkah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X