BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Avian

Sering Kehilangan Semangat Belajar? Coba Lakukan Hal Ini!

Kompas.com - 13/11/2019, 18:16 WIB
Ilustrasi belajar SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar

KOMPAS.com – “Jangan main handphone terus. Belajar, besok kamu ujian!”

Pernahkah kamu mendapatkan ‘omelan’ serupa dari orang tua atau orang terdekat? Jika iya, mungkin salah satu penyebabnya adalah kamu sedang kehilangan semangat dan motivasi untuk belajar.

Jadi, walaupun besok akan menghadapi ujian di sekolah atau kampus, kamu lebih tertarik melakukan hal lain dari pada membuka buku untuk belajar. Padahal, kamu sadar kalau belajar penting untuk meraih nilai akademik yang baik.

Menjaga semangat dan motivasi belajar memang tidak mudah. Untuk itu, Daniel Wong, penulis buku best seller ‘The Happy Student: 5 Steps to Academic Fulfillment and Success’, membagikan tips meningkatkan motivasi belajar.

Berikut Kompas.com telah merangkum beberapa tips dari Daniel di laman website-nya, daniel-wong.com, yang bisa diterapkan oleh pelajar maupun mahasiswa.

Kelompok belajar

Belajar bersama teman dalam sebuah kelompok menjadi salah satu cara menyenangkan untuk membangkitkan motivasi belajar yang mulai luntur.

Belajar dalam kelompok juga memiliki banyak manfaat. Misalnya, saling berbagi catatan penting tentang pelajaran, atau setiap anggota kelompok bisa saling mengajarkan satu sama lain jika ada topik yang tidak dimengerti.

Daniel kemudian menyarankan, sebaiknya jumlah anggota sebuah kelompok belajar tidak lebih dari 4 orang. Sebab, jika lebih biasanya kondisi belajar menjadi kurang kondusif.

Jadwal belajar rutin

Membuat belajar menjadi kebiasaan adalah cara lain yang disarankan oleh Daniel. Menurutnya, ketika belajar sudah menjadi suatu kebiasaan, akan sulit untuk mengabaikannya.

Untuk itu, mulailah dengan membuat jadwal belajar rutin. Misalnya, dengan belajar pada jam yang sama setiap harinya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa kebiasaan itu tidak langsung terbentuk dalam satu malam. Kamu harus konsisten dalam menjalankannya agar bisa menjadi kebiasaan yang bertahan lama.

Gunakan “ mind map

Mind map merupakan salah satu trik yang bisa digunakan agar bisa lebih mudah memahami dan mengorganisir suatu topik.

Pasalnya, cara kerja mind map meniru cara kerja otak saat memproses informasi. Ketika membuat mind map, kamu seperti sedang memetakan cara otak kala memproses topik tertentu.

Ilustrasi mind mapSHUTTERSTOCK Ilustrasi mind map

Selain itu, mind map dapat mempermudah kamu ketika ingin mengingat lagi topik atau informasi yang pernah dipelajari tatkala dibutuhkan.

Kamu pun dapat membuat mind map dengan menggunakan media apa saja, seperti kertas dan pulpen, handphone, atau komputer.

Tetapkan tujuan yang ingin dicapai

Menurut Daniel, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan motivasi belajar adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan nilai baik.

Buatlah daftar alasan atau hal yang ingin kamu raih. Misalnya, ingin masuk ke sekolah atau kampus impian, ingin mengejar karir tertentu, atau agar bisa lolos seleksi beasiswa.

Ya, beasiswa biasanya menjadikan nilai akademik sebagai salah satu syarat seleksi. Contohnya, Beasiswa Juara, yang merupakan kerja sama antara Avian Brands dan Harian Kompas.

Program beasiswa ini untuk mahasiswa-mahasiswa Strata 1 (S1) berprestasi dari perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Beasiswa yang diberikan meliputi pembiayaan kuliah selama dua semester.

Para peraih beasiswa pun dapat mengikuti berbagai kegiatan untuk mengembangkan soft skill. Misalnya, workshop dengan pembicara profesional hingga pelatihan kepemimpinan dan team work.

Jadi, saat semangat belajar kamu mulai luntur, lihat dan ingat kembali hal-hal apa saja yang ingin dicapai agar dapat kembali termotivasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.