Ini 5 Tugas Besar Guru yang Harus Kamu Ketahui

Kompas.com - 27/11/2019, 11:42 WIB
Sejumlah siswa menyalami guru mereka seusai mengikuti upacara di Sekolah Dasar Negeri 060813 Medan, Sumatera Utara, Senin (25/11/2019). Menyalami guru oleh para siswa tersebut dalam rangka memperingati Hari Guru yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANASejumlah siswa menyalami guru mereka seusai mengikuti upacara di Sekolah Dasar Negeri 060813 Medan, Sumatera Utara, Senin (25/11/2019). Menyalami guru oleh para siswa tersebut dalam rangka memperingati Hari Guru yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

KOMPAS.com - Guru, sosok profesi yang kerap kita temui di segala usia. Dari mulai taman kanak-kanak hingga menengah ke atas, guru menjadi orang yang membimbing kita untuk belajar tentang semua hal.

Guru tak hanya memberikan materi pelajaran, melainkan melakukan banyak hal yang mungkin belum kamu ketahui.

Yuk simak sejumlah hal inspiratif dari guru yang diberikan ke murid seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Memberikan motivasi hidup

Kalau kamu perhatikan dengan jeli, guru biasanya akan menyelipkan pesan-pesan moral tentang kehidupan di sela-sela kegiatan mengajar.

Baca juga: Kekurangan Guru, Guru PNS Diharapkan Bisa Bantu Mengajar SLB Swasta

Guru misalnya akan menyuruh kamu untuk bersemangat dalam belajar, menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa, dan lainnya.

2. Menunjukkan pentingnya kesabaran

Salah satu sifat yang mesti dimiliki oleh guru adalah sabar. Kamu tahu kan, ada beragam sifat dan karakter murid-murid di kelas yang mesti dihadapi oleh guru?

Mau nggak mau, guru mesti punya kesabaran yang tinggi untuk sifat dan karakter murid-murid yang beragam. Kamu pasti akan melihat sifat sabar seorang guru di kelas saat mengajar.

3. Belajar dari ketulusan seorang guru

Pernah gak kalian mendengar kalimat "Menjadi guru adalah sebuah panggilan dari hati"? Seorang guru di waktu yang sama wajib mendidik anak murid dan tentunya anaknya sendiri.

Mendidik dua anak yaitu anak murid dan anak kandung gak mudah. Dalam hal ini, guru harus memiliki ketulusan yang besar dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada muridnya demi masa depan yang cerah.

4. Guru membuatmu akrab dengan teman-teman di kelas

Pernah gak kalian kepikiran hal yang membuat kamu dekat dengan teman-teman di kelas? Yap, membuat murid-murid di kelas akrab adalah salah satu tugas guru, lho!

Tanpa sadar, peran guru untuk mendekatkanmu dengan teman-teman di kelas sudah sejak SD hingga SMA. Beragam cara seperti bertukar tempat duduk, kerja kelompok, dan diskusi pembelajaran biasanya dilakukan oleh guru.

5. Mengajarkan untuk banyak ide

Coba perhatikan saat kamu bosan berada di kelas mendengarkan materi pelajaran. Guru biasanya akan membuat suasana kelas menjadi lebih hidup seperti menggunakan metode belajar yang lebih asyik dengan menonton video atau menyiapkan presentasi yang menarik.

Lewat kegiatan itu, guru menunjukkan kalau guru itu kreatif dan memiliki banyak ide untuk memecahkan sebuah masalah dengan cara yang menyenangkan. Tanpa kamu sadari, hal itu sangat berguna untuk kehidupanmu di luar sekolah dan di masa depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X