5 Perempuan Inspiratif Terima Penghargaan "GE STEM Award"

Kompas.com - 28/11/2019, 11:28 WIB
Menteri Bambang memberikan penghargaan GE Inspiring Woman in STEM Award di Jakarta (27/11/2019) kepada lima tokoh perempuan yang dinilai memiliki kontribusi dan memberi inspirasi di bidang STEM di Indonesia. DOK. KEMENRISTEKMenteri Bambang memberikan penghargaan GE Inspiring Woman in STEM Award di Jakarta (27/11/2019) kepada lima tokoh perempuan yang dinilai memiliki kontribusi dan memberi inspirasi di bidang STEM di Indonesia.

KOMPAS.com - Meskipun jumlah perempuan hampir setengah dari populasi dunia, diperkirakan hanya sekitar 20 persen saja periset di bidang sains, teknologi dan inovasi adalah perempuan.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro berharap lebih banyak upaya menarik dan mempertahankan perempuan berkair di industri STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) sehingga kesenjangan keahlian akan berkurang dan membawa perubahan di Industri STEM.

Perempuan memiliki potensi untuk mengambangkan industri STEM. Namun banyak hal dan pengaruh norma sosial seperti menjadi seorang istri dan ibu, ataupun urusan lain yang membuat mereka tidak bisa involved," ujar Menristek Menristek dan Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Bambang Brodjonegoro.

 Menristek Bambang menambahkan,  "Padahal Indonesia membutuhkan talenta-talenta perempuan terbaik pada bidang ini. Jika perempuan tidak berpartisipasi artinya kita menggerus talenta kita sendiri, kita kehilangan daya ungkit untuk menjadi negara maju.” 

5 perempuan inspiratif 

Terkait upaya mendorong peran perempuan di bidang STEM, Menteri Bambang memberikan penghargaan GE Inspiring Woman in STEM Award di Jakarta (27/11/2019) kepada lima tokoh perempuan yang dinilai memiliki kontribusi dan memberi inspirasi di bidang STEM di Indonesia.

Baca juga: Sisi Gelap Teknologi dan Informasi: Kurikulum STEM Saja Tidak Cukup

Kelima tokoh perempuan yang tersebut adalah:

1.Prof. dr. Pratiwi Pudjilestari Sudarmono, Ph.D., SpMK(K), Ahli Mikorbiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

2.Dr. Premana Wardayanti Premadi Ph.D, Ahli Astrofisika dan Kepala Observatorium Bosscha

3.Prof. Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi, B.Eng., M.Eng., Profesor Bidang Teknologi Proses Elektro Kimia di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

4.Silvia Halim, Direktur Konstruksi PT. MRT Jakarta

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X