Suka K-Pop? Jurusan Sastra Korea Mungkin Cocok buat Kamu, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 06/12/2019, 17:12 WIB
Idola Kpop dengan nama panggung yang unik. SoompiIdola Kpop dengan nama panggung yang unik.

KOMPAS.com - Siapa di antara kamu yang suka dengan BTS, EXO, Black Pink, NCT? Kalau kamu tahu, berarti sah nih jadi K-Popers.

Buat kamu yang tertarik belajar K-Pop dan budaya-budaya Korea lain saat kuliah, kamu bisa memilih jurusan Sastra Korea nih.

Serunya kamu bakal belajar mulai dari bahasa hingga kebudayaan tradisional hingga populer di Korea.

Kali ini kita akan membahas tentang jurusan Sastra Korea mulai dari apa yang dipelajari hingga prospek lulusan kuliahnya. Berikut penjelasan jurusan Sastra Korea seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Apa itu jurusan Sastra Korea?

Jurusan Sastra Korea mengajak kamu mempelajari kebudayaan Korea. Untuk mempelajari budaya sebuah negara, subyek pertama harus kita kuasai adalah bahasa, dari cara bicara, dialek, mendengar, membaca, bahkan menulis.

Baca juga: Menarik, 4 Jurusan Kuliah Teknik Ini Justru Diminati Perempuan

Setelah itu, kamu akan mempelajari sejarah Korea yang sudah ada lebih dari 4.000 tahun lalu. Untuk bahasa, pembahasan kuliah akan meliputi linguistik, fonetik, dan fonologi. Kamu juga akan mempelajari kesusastraan Korea, yang mengantar pada budaya modernnya saat ini.

 2. Mengapa memilih jurusan Sastra Korea?

Saat ini tren budaya Korea bisa kita saksikan sendiri. Hampir semua orang suka menonton drama Korea, musik Korea, produk kecantikan Korea, hingga berwisata ke Korea.

Hallyu atau gelombang budaya pop Korea telah mendunia. Pemerintah Korea memang sudah mempersiapkan Hallyu ini sejak awal tahun 1990-an.

Psy, SNSD, atau Girls Generation adalah contoh produk Hallyu yang paling sukses. Jika kamu punya ketertarikan terhadap budaya Korea, baik tradisional ataupun pop, memilih jurusan ini akan cukup menyenangkan sekaligus menantang

 3. Mata kuliah jurusan Sastra Korea

Di jurusan Sastra Korea, kamu akan belajar banyak hal mulai dari bahasa Korea, kebudayaan Korea, hingga sejarah Korea. Mata kuliah di jurusan Sastra Korea juga menarik untuk kamu coba.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X