ITB Juara "Huawei ‘ICT Competition 2019-2020" Tingkat Nasional

Kompas.com - 06/12/2019, 18:38 WIB
Tim A (Network) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menjuarai ajang Huawei ICT Competition 2019-2020 tingkat nasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) , Yogyakarta (28/11/2019). DOK. HUAWEITim A (Network) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menjuarai ajang Huawei ICT Competition 2019-2020 tingkat nasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) , Yogyakarta (28/11/2019).

KOMPAS.com - Tim A (Network) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menjuarai ajang "Huawei ICT Competition 2019-2020" tingkat nasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) , Yogyakarta (28/11/2019).

Mengambil tema “Connection, Glory, Future” kompetisi bidang TIK antarperguruan tinggi ini digelar Huawei untuk kali kedua dan menjadi bagian dari kemitraan Huawei dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang tergabung dalam Huawei ICT Academy.

Babak final tingkat nasional ini diikuti oleh 68 peserta berasal dari delapan universitas terkemuka, seperti ITB, UI, ITS Surabaya, UGM, Unpad, Undip, Tel-U Bandung, dan UMN.

Kompetisi TIK ini merupakan wujud komitmen Huawei melalui kolaborasi yang dibangun bersama-sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dalam turut membangun kompetensi akademik dan mendukung lahirnya SDM berkompetensi global," ujar Roger Zhang, Vice President.

Menyiapkan SDM unggul TIK

Roger menambahkan, "Program tahun ini merupakan penyelenggaraan ‘ICT Competition’ tahun kedua di Indonesia yang diharapkan dapat mendukung visi pemerintah dalam melahirkan bibit-bibit baru sumber daya manusia (SDM) unggul menuju tercapainya Indonesia maju, serta dalam menyiapkan lulusan-lulusan perguruan tinggi yang dibekali dengan kecakapan di bidang TIK.”

Baca juga: Pemerintah Jangan Lengah Siapkan SDM Unggul di Era Ekonomi Digital

Muhammad Dimyati, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, menyampaikan, “Ini merupakan salah satu perwujudan yang kami sebut sebagai Smart Generation Package. Bukan hanya karena kontennya yang mencerminkan isu-isu terkini yang tengah menjadi trending topic di era Revolusi Industri 4.0 ini, tetapi juga karena tema yang diangkat mengedepankan dan mengangkat kehidupan cerdas, yang pada akhirnya akan menempatkan manusia yang memanusiakan manusia, bukan hanya mendorong manusia sebagai obyek teknologi.”

Dedy Permadi, Staf Khusus Menteri Bidang Kebijakan Digital dan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan, “Kami mengapresiasi inisiatif Huawei dalam memperkuat sinergi antara industri dan pendidikan tinggi dalam bidang TIK melalui program-program seperti ini."

"Sinergi tersebut kami harapkan mampu menjadi jembatan antara desain pendidikan formal di kampus dengan kebutuhan kecakapan riil di dunia kerja. Kami mendorong seluruh stakeholders untuk bersama-sama mengerjakan agenda besar pemenuhan SDM era digital ini sehingga Indonesia menjadi jauh lebih kompetitif dalam persaingan global dan transformasi digital,” ujar Dedy.

Melaju ke kompetisi China

Selama kompetisi berlangsung seluruh peserta juga memperoleh materi-materi pembelajaran dan latihan simulasi langsung dari Huawei sesuai dengan subyek kompetisi yang mereka ikuti.

Huawei Indonesia mendukung pengembangan kapasitas SDM masa depan Indonesia dengan menawarkan beragam program pelatihan lain, seperti pelatihan untuk siswa SMK, Huawei Tech Day, Seeds for the Future, serta program-program pelatihan bersertifikat lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X