Orangtua, Ini 4 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

Kompas.com - 14/12/2019, 14:32 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim di acara Hari Dongeng Nasional Kemdikbud/Jilan RifaiMendikbud Nadiem Makarim di acara Hari Dongeng Nasional

KOMPAS.com - Kemampuan literasi baca siswa Indonesia dari hasil tes PISA terbaru menunjukan hasil kurang menggembirakan. Sejak tahun 2000, peringkat literasi baca siswa Indonesa hanya masuk 10 besar terbawah dari 70 lebih negara peserta.

Salah satu penyebab rendahnya kemampuan baca ditengarai masih rendahnya minat baca siswa.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan guna menguatkan minat baca siswa atau anak di pendidikan dasar adalah lewat mendongeng.

"Makna mendongeng adalah agar adik-adik semua senang dan mencintai cerita, buku, dan dari cerita cerita itu kita menciptakan imajinasi di dalam otak. Kemampuan dalam berpikir dan membayangkan hal-hal di otak kita adalah kunci kesuksesan di masa depan,” kata Mendikbud Nadiem dalam sambutan Hari Dongen Nasional (26/11/2019).

Karenanya, Mendikbud Nadiem mengajak orangtua meluangkan waktu mendongeng bagi anak-anaknya.

"Jadi mohon kepada orang tua untuk membacakan dongeng kepada anak-anaknya. Mohon dilakukan setiap malam kepada anak, tak hanya Ibunya, Bapaknya juga harus ikutan berpartisipasi," ujarnya.

Sebenarnya, apa saja manfaat membaca dongeng? Dilansi dari Bobo.id, berikut 4 manfaat membaca dongeng:

Baca juga: Dongeng Anak, Mendikbud Nadiem: Melatih Imajinasi dan Kreativitas

1. Membiasakan Budaya Membaca

Saat orangtua membacakan dongeng untuk anak, secara tidak langsung orangtua sedang memperkenalkan budaya membaca pada anak. Jika anak terbiasa dibacakan dongeng, lama-lama anak juga jadi akan tertarik membacanya sendiri sejak masih kecil.

Budaya membaca inilah yang menjadi sangat penting bagi anak di masa akan datang.

2. Mendapatkan Nilai-Nilai Kehidupan dan Budi Pekerti

Tak hanya menjadi hiburan, sebagian besar dongeng juga bisa menjadi alat belajar untuk anak. Cerita dongeng biasanya bertujuan baik dan diselipkan nilai-nilai kehidupan yang bisa anak pelajari dan teladani.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X