Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hai Mahasiswa, Ini 4 Tips Sukses Jadi Pengusaha

Kompas.com - 14/12/2019, 14:59 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi entepreneur atau pengusaha adalah salah satu jalan menuju kesuksesan pasca-kuliah. Kamu bisa membuka usaha dan menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.

Nah, sikap-sikap apa yang mesti yang kamu siapkan sejak kuliah untuk menjadi pengusaha? Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Djisman Simandjuntak, mengatakan, ada sejumlah rumus wajib yang tak bisa diingkari untuk menjadi pengusaha sukses.

Berikut tips-tips menjadi pengusaha sukses dari Prof. Djisman:

1. Critical Thinking

Prof. Djisman mengatakan, pengusaha sukses dan inovatif hanya ada ketika ia terbiasa dengan pandangan tak ada yang sempurna dalam melihat suatu hal. Hal yang tak sempurna dan kekurangan itu akan dilihat menjadi sebuah peluang yang berujung inovasi.

Baca juga: 13 Tips Raih Beasiswa Kuliah lewat Jalur Prestasi

2. Kerja keras

Seorang pengusaha sukses harus bekerja keras dan tahan banting. Prof. Djisman memberikan contoh masyarakat di China yang tahan banting dalam bekerja.

"Dari matahari terbit sampai terbenam, itu (masyarakat) hidupnya di perusahaannya," kata Prof. Djisman.

 Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Djisman Simandjuntak KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Djisman Simandjuntak

3. Pintar bergaul

Seorang pengusaha sukses sangat penting untuk menguasai jaringan. Prof. Djisman menyebutkan, seorang pengusaha sukses harus pintar bergaul dengan siapa pun.

"Dengan siapa pun dia (pengusaha) cepat sekali terkoneksi. kalau kita banyak di antara kita ketemu orang cenderung menghindar. Pengusaha itu never never (menghindar). Pengusaha itu very communicator," tambah Prof. Djisman.

4. Endurance

Prof. Djisman juga mengatakan, seorang pengusaha sukses jangan pernah kendur dalam menghadapi situasi sulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com