Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisi-Kisi UN Sudah Diberikan, Ini 5 Tips Mempersiapkan Ujian Nasional

Kompas.com - 09/12/2019, 15:42 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah merilis kisi-kisi UN (Ujian Nasional) dan kisi-kisi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMA untuk tahun pelajaran 2019/2020.

BSNP sendiri merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang ditunjuk mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan. Selain jadwal dan prosedur operasional standar (POS) UN, BSNP juga telah menetapkan kisi-kisi UN dan UNBK dari jenjang SMA/MA.

Tentu kamu harus mempersiapkan diri agar ujianmu bisa lancar dan sukses.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan Ujian Nasional, ada beberapa tips sederhana nih yang bisa kamu ikuti. Dihimpun dari Rencanamu.id berikut beberapa tips persiapan UN yang bisa kamu ikuti:

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Kisi-Kisi UN SMA 2020 untuk Semua Mata Pelajaran

1. Atur jadwal dengan baik

Satu hingga dua minggu sebelum Ujian Nasional berlangsung, kamu harus mengatur jadwal belajarmu dengan baik. Kamu bisa memulai belajar satu jam sebelum memulai aktivitas setiap pagi dan dua jam sebelum tidur.

Kamu bisa melakukan setiap hari. Namun, kamu tak perlu memporsir diri untuk belajar. Susunlah jadwal belajarmu sefleksibel mungkin agar kamu tak merasa tertekan dan stres. Ujian Nasional semakin dekat bukan berarti kamu tak bisa santai dan refreshing kok.

2. Kurangi hal-hal tak penting

Sadar atau gak, ada banyak hal bisa mengalihkan perhatianmu untuk mempersiapkan Ujian Nasional. Beberapa hal tersebut seperti mengecek media sosial, jalan-jalan, rebahan, rasa malas, dan hal-hal lainnya.

Jelang Ujian Nasional, ada baiknya kamu mengurangi hal-hal tersebut. Kamu lebih baik menggunakan waktumu untuk belajar dan istirahat yang cukup daripada waktumu terbuang sia-sia.

3. Membaca dan menulis rangkuman 

Salah satu cara sederhana untuk mempersiapkan Ujian Nasional adalah membaca catatan. Setelah membaca semua catatan, kamu bisa mencicil belajar dengan menulis rangkuman dari seluruh materi dari buku catatan atau buku pelajaran. Apalagi kamu sudah mengetahui kisi-kisi UN 2020.

Untuk menulis rangkuman dari buku catatan, kamu tak perlu bertele-tele. Kamu cukup menulis inti-inti atau poin-poin dari seluruh materi yang telah kamu baca.

4. Belajar kelompok bersama teman

Selain belajar sendiri, tak ada salahnya kamu untuk belajar bersama teman-teman. Dengan belajar kelompok, kamu bisa berbagi catatan atau materi untuk mempersiapkan Ujian Nasional.

Saat belajar kelompok, kamu bisa melakukan simulasi tanya jawab untuk mengasah pengetahuanmu. Belajar kelompok bisa membuat kamu senang, tak stres, dan tegang saat menghadapi Ujian Nasional.

5. Tambah referensi dengan membaca dari berbagai sumber

Selain belajar dari buku catatan, kamu bisa memperkaya bahan bacaan dari berbagai sumber seperti website, jurnal ilmiah, atau buku-buku lain. Dengan melakukan hal itu, kamu bisa memperluas dan memperdalam pemahaman materi yang bakal diujikan.

Pastikan sumber-sumber yang kamu baca tersebut kredibel ya.

(Penulis: Fahjie Prasetyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com