Ini Dia Jalur Masuk Kuliah UI 2020, Lengkap dengan Kuota dan Jadwal

Kompas.com - 15/12/2019, 10:53 WIB
Signboard Universitas Indonesia Shutterstock.comSignboard Universitas Indonesia


KOMPAS.com - Bagi kamu yang ingin kuliah di Universitas Indonesia ( UI), ada baiknya kalau menyimak informasi seputar penerimaan mahasiswa baru (PMB) UI 2020.

Dilansir dari laman https://simak. ui.ac.id/, PMB UI jenjang D3 dan S1 terdiri dari beberapa jalur masuk. Setiap jalur masuk merupakan kegiatan seleksi yang akan menyaring peserta terbaik untuk menjadi mahasiswa UI.

Ini dia penjelasan jalur masuk jenjang D3 dan S1 tahun 2020:

Jalur Masuk UI

A. Jalur Prestasi Akademik

Jalur ini dikenal dengan jalur undangan, mengingat awal mulanya penerimaan ini berdasarkan undangan yang dikirim ke sekolah-sekolah.

Dengan tingginya antusias sekolah dan siswa mengikuti penerimaan berbasis seleksi nilai rapor ini, jalur undangan mengalami perkembangan.

Baca juga: Kampus Hijau Terbaik di Dunia Tahun 2019 Adalah...

Pada S1 Reguler, Kemdikbud melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka kesempatan seluruh sekolah kurikulum nasional mengikuti jalur ini dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam kegiatan bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN).

Penggunaan undangan ditiadakan, karena sekolah yang memiliki NPSN dan memenuhi syarat SNMPTN dapat mengisi data tanpa perlu mendapat undangan.

Program pendidikan di UI yang menampung lulusan SMA/Sederajat tidak hanya S1 Reguler, ada pula Program Vokasi, S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional.

Program pendidikan tersebut juga membuka PMB melalui seleksi rapor untuk siswa kelas 12 SMA/Sederajat. Seleksi rapor untuk Program Vokasi dan S1 Paralel disebut program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X