Ini Dia 4 Tips untuk Kamu yang Ingin Memulai Karier Data Engineer

Kompas.com - 21/12/2019, 10:35 WIB
Ilustrasi Profesi Bidang Data DQLab DOK. DQLABIlustrasi Profesi Bidang Data DQLab

KOMPAS.com - Tahukah kamu? Coding merupakan kegiatan menulis code, di mana hal ini sangatlah penting dalam memahami bahasa pemrograman.

Banyak alasan mulai belajar coding, bagi pemula yang ingin memulai karier sebagai praktisi data. Belajar coding merupakan sesuatu pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, lho!

Bukan hal baru jika kini banyak pekerjaan membutuhkan kemampuan coding, terutama jika ingin terjun menjadi praktisi data. Jangan salah, coding atau pemrograman adalah bahasa masa depan yang akan memberikan banyak peluang.

Tahap awal untuk mulai belajar coding adalah menghadirkan semangat pada diri sendiri dan menentukan target diri selama belajar coding. Dengan demikian, kamu akan terpacu untuk terus dan terus menggali potensi diri guna menjadi praktisi data mumpuni.

“Hal yang membuat saya tetap semangat adalah gimana saya bisa menyelesaikan masalah dan kasi value untuk perusahaan dan komunitas,” ujar Nurtantio Quidar, Data Engineer CT Corp.

Nurtantio juga memberikan beberapa tips bagi kamu yang ingin memulai karier sebagai data engineer.

1. Banyak membaca

Nurtantio menyebut banyak membaca menjadi kunci utama belajar coding. "Memiliki keingintahuan yang tinggi itu merupakan suatu keharusan yang dimiliki seorang praktisi data, salah satunya adalah membaca," ujarnya Nurtantio.

Membaca berbagai medium topik mengenai big data dan juga artikel terkait ilmu sosial dan teknologi. Latihan secara rutin pun menjadi salah satu langkah awal untuk mengukur potensi diri.

“Belajar coding step by step rutin 1 jam gapapa yang penting disiplin ngga perlu buru-buru nikmati belajarnya. Suka ga suka, ingatkan diri sendiri awal mula aku belajar ini karena apa,” jelasnya.

2. Bergabung komunitas

Pentingnya bergabung dengan praktisi data merupakan salah satu cara untuk berinteraksi secara langsung dan berkesempatan mendapatkan feedback dari praktisi data baik praktisi data junior maupun senior.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X