Kompas.com - 23/12/2019, 12:37 WIB
Djarum Foundation mendukung SMK Raden Umar Said di Kudus Jawa Tengah untuk berpartisipasi dalam gelaran ICEFest 2019 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition pada 19-29 Desember 2019 di BSD, Tangerang Selatan, Banten. DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGARDjarum Foundation mendukung SMK Raden Umar Said di Kudus Jawa Tengah untuk berpartisipasi dalam gelaran ICEFest 2019 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition pada 19-29 Desember 2019 di BSD, Tangerang Selatan, Banten.

KOMPAS.com - Pendidikan berbasis vokasi, termasuk di dalamnya revitalisasai SMK menjadi strategi penting penguatan SDM unggul yang digadang-gadang Presiden Joko Widodo dalam periode kedua pemerintahannya.

Tidak berlebihan hal ini menjadi momentum kebangkitan SMK untuk bangkit melepas stigma "sekolah pilihan kedua yang ada di masyarakat".

Mendorong hal itu, Djarum Fondation turut memperkuat strategi revitalisasi SMK agar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk bersaing secara global.

Salah satu upaya dilakukan Djarum Foundation adalah dengan mendukung SMK Raden Umar Said di Kudus Jawa Tengah untuk berpartisipasi dalam gelaran "ICEFest 2019" yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition pada 19-29 Desember 2019 di BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Unjuk gigi kemampuan SMK

Dalam ajang tersebut, selama 11 hari siswa jurusan animasi SMK Raden Umar Said yang merupakan SMK binaan Djarum Foundation berbagi pengetahuan tentang dunia animasi kepada para pengunjung dengan mengangkat tema "GooGoo Space Journey".

Baca juga: Pemerintah Revitalisasi SMK untuk Bangun SDM Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chris Lie, animator Indonesia yang turut menggarap ilustrasi film Hollywood seperti GI Joe dan Transformer menilai hasil kreasi siswa SMK Indonesia ini tidak main-main dan tidak lagi bisa dipandang sebelah mata.

"Memang ngeri sih (hasil kreasi siswa). Ini sudah layak masuk TV dan ini yang buat anak-anak SMK. Menurut saya memang sebenarnya kita punya SDM yang bakatnya bagus," ujar Chris Lie saat ditemui secara khusus Kompas.com di sela-sela acara master class yang digelar pihak Djarum Foundation (20/12/2019). 

Lebih jauh Chris Lie menyebut banyak di antara lulusan SMK ini telah siap kerja dan memiliki kemampuan mumpuni.

"Pengalaman teman-teman saya yang punya studio animasi mereka semua ambil siswa SMK karena siap kerja. Tinggal upgrade mereka agar lebih jago. Mulai dari anggota tim hingga mampu menjadi leader lewat pengalaman," tambah Chris.

Momentum SMK bangkit

Chris juga menyampaikan saat ini menjadi momentum kebangkitan SMK, khususnya SMK yang bergerak di bidang animasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.