Mengenal Jurusan Kuliah Teknik Pertambangan, Ini Prospek Kariernya

Kompas.com - 27/12/2019, 21:11 WIB
Ilustrasi pekerja lapangan Dok. PetroseaIlustrasi pekerja lapangan

KOMPAS.com - Salah satu fakultas banyak diminati yaitu Fakultas Teknik. Nah, buat kamu yang ingin berkuliah di Fakultas Teknik, jurusan Teknik Pertambangan bisa jadi pilihan.

Kali ini Kompas.com akan membahas jurusan Teknik Pertambangan mulai dari penjelasan jurusan hingga prospek karir. Berikut informasinya seperti dikutip dari Rencanamu.id.

Apa itu Teknik Pertambangan?

Jurusan Teknik Pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral seperti emas, perak, alumunium, besi, dan sebagainya, serta batu bara.

Di jurusan Teknik Pertambangan kamu akan mempelajari proses pertambangan yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang.

Mengapa memilih Teknik Pertambangan?

Planet bumi menyimpan kekayaan alam yang sangat berlimpah. Manusia bisa memanfaatkan kekayaan alam dengan bijak.

Baca juga: Tertarik Kuliah ITB, Ini Daftar Lengkap Pilihan Jurusan Kuliah ITB

Indonesia sendiri memiliki banyak mineral dan logam mulia di perut bumi Indonesia seperti batu bara, minyak bumi, timah, nikel, emas dan lainnya. Namun sayangnya Indonesia belum mandiri buat mengolah kekayaan alamnya sendiri dan masih banyak mengandalkan asing.

Kesempatan untuk berkecimpung di dunia pertambangan dan bekerja di perusahaan asing pun masih terbuka lebar. Para ahli yang bekerja di industri juga dikenal memiliki gaji fantastis.

Yang dipelajari di Teknik Pertambangan

Di jurusan Teknik Pertambangan, kamu akan belajar mata kuliah seperti fisika dasar, kalkulus, pengantar teknologi sumber daya bumi, eksplorasi tambang, geologi dasar, kristalografi dan mineralogi, matematika teknik, teknik gas bumi, dan teknik resevoir.

Ada pula mata kuliah lain seperti fisika teknik, ekonomi mineral, komputasi tambang, manajemen pertambangan, geomorfologi, metalurgi umum, pemetaan geologi, genesa bahan galian, teknik eksplorasi, dan lainnya.

Prospek karier lulusan Teknik Pertambangan

Setelah lulus dari jurusan Teknik Pertambangan, kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan pertambangan, menjadi akademisi, bergabung di instansi pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BUMN, dan sebagainya.

Lulusan Teknik Pertambangan juta tak melulu harus turun lapangan dan mengunjungi area-area tambang yang memiliki resiko kecelakaan tinggi. Kamu juga bisa bekerja sebagai surveyor pertambangan, analis, dan bahkan konsultan.

Prospek karier lulusan jurusan Teknik Pertambangan lainnya seperti ahli hidrologi, ahli tambang dan geologi, ahli pengeboran bumi (non minyak dan gas), ahli teknik energi, dan lainnya.

Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Pertambangan

Banyak kampus yang menyediakan jurusan Teknik Pertambangan baik negeri maupun swasta. Kamu bisa mendaftar ke jurusan Teknik Pertambangan di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin, Universitas Trisakti, Universitas Syiah Kuala, Universitas Lambung Mangkurat, dan Universitas Negeri Padang.

Baca juga: Menarik, 4 Jurusan Kuliah Teknik Ini Justru Diminati Perempuan

Kampus lainnya yang membuka jurusan Teknik Pertambangan yaitu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Mulawarman, Universitas Palangka Raya, Universitas Haluleo, dan lainnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X