Tahun Baru 2020, 5 Hal Ini Perlu Direnungkan Pelajar dan Mahasiswa

Kompas.com - 31/12/2019, 10:42 WIB
Ilustrasi remaja bercengkrama ISTOCKPHOTO/FERLISTOCKPHOTOIlustrasi remaja bercengkrama


KOMPAS.com - Tahun baru 2020 baru akan datang sebentar lagi! Sebagai mahasiswa atau pelajar, apakah kamu sudah siap menyambut tahun baru?

Banyak dari kita menyambut tahun baru dengan jalan-jalan di sekitar rumah, jalah-jalan ke mall atau pusat keramaian, menyalakan petasan dan kembang api, makan-makan bersama teman dan keluarga dan sebagainya.

Selain menyambut tahun yang baru, kita pun sibuk dengan menyusun resolusi-resolusi yang baru dan memanjatkan berbagai harapan yang ingin terkabulkan di tahun yang akan datang.

Namun, sebelum kamu menyambut tahun yang baru dan juga menyusun berbagai resolusi atau harapan untuk tahun selanjutnya, ada baiknya, nih, kalau kamu flashback dulu alias memikirkan hal-hal yang sudah kamu lakukan di tahun sebelumnya.

 

Ketika kamu memikirkan apa yang sudah kamu lakukan di tahun ini, pasti tindakan selanjutnya ialah memperbaiki tindakanmu di tahun yang akan datang.

Baca juga: 5 Resolusi Tahun Baru 2020 untuk Pelajar dan Mahasiswa

Nah, dilansir dari Rencanmu.id berikut 5 hal yang perlu kamu renungkan jelang penutupan tahun 2019 untuk bisa menghasilkan resolusi atau niatan yang sungguh-sungguh tepat untuk diri kamu memasuki tahun baru 2020;

1. Kesalahan yang telah dibuat

Akhir tahun merupakan waktu tepat untuk merenungkan kesalahan yang telah kamu buat sebelumnya. Loh, bukannya kesalahan yang sudah dilakukan di waktu-waktu dulu lebih baik tidak diingat-ingat kembali?

Memang benar kesalahan yang pernah dilakukan di waktu sebelumnya tidak perlu terus diingat setiap hari. Namun, ada saatnya kita harus memikirkan kesalahan tersebut agar kita bisa menghindari dan tidak melakukan kesalahan sama di tahun mendatang.

Misal kegagalan di salah satu bidang studi atau satu mata kuliah. Tentu kamu perlu memperhatikan hal ini agar tidak mengulang kesalahan sama di tahun mendatang.

Kegagalan atay kesalahan perlu menjadi pelajaran berharga agar kamu bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. 

2. Hal yang sudah berjalan baik

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X