Ijazah dan Dokumen Rusak karena Banjir? ANRI Buka Layanan Perbaikan Gratis, Ini Caranya

Kompas.com - 03/01/2020, 13:48 WIB
proses perbaikan surat - surat penting yang dilakukan pihak Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kamis (2/1/2019) KOMPAS.COM/WALDA MARISONproses perbaikan surat - surat penting yang dilakukan pihak Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kamis (2/1/2019)

KOMPAS.com - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyediakan layanan restorasi (perbaikan) Arsip Keluarga yang basah bahkan rusak terkena air akibat bencana banjir mulai 2 Januari 2019.

Curah hujan yang tinggi pada malam pergantian tahun 2020 telah mengakibatkan sejumlah area pemukiman di Wilayah Jadebotabek terkena bencana banjir.

Salah satu dampak dari bencana banjir adalah adanya sejumlah Arsip Keluarga yang basah bahkan rusak terkena air.

Bagi masyarakat yang memiliki Arsip Keluarga terdampak bencana banjir dapat segera mendatangi posko ANRI tersebut.

Buka posko dan layanan jemput

Korban banjir bisa langsung membawa arsip seperti ijazah, akte kelahiran, kartu keluarga, sertifikat tanah, buku nikah dan lainnya langsung ke Posko Layanan Restorasi Arsip Keluarga secara gratis di Gedung ANRI, Jl. Ampera Raya No. 7, Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca juga: Kemendikbud Pastikan Beri Bantuan Seragam Sekolah untuk Siswa Korban Banjir

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami sediakan buka posko di arsip nasional. Silakan masyarakat datang kami bantu secara cuma-cuma alias gratis,” kata Direktur Preservasi ANRI, Kandar saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/1/2020).

Kandar menyebutkan, pihak ANRI akan mengidentifikasi kerusakan arsip-arsip dan lalu menentukan langkah perbaikan.

Menurutnya, perbaikan bisa dilakukan untuk arsip terendam air, tulisan masih bisa terlihat, robek, arsip yang tak dilaminating, arsip asli, dan tinta tidak pudar.

“Kalau datang, arsip sebaiknya dibungkus pakai map. Jangan terkena sinar matahari, nanti bisa rusak,” jelasnya.

ANRI membatasi layanan restorasi Arsip Keluarga yaitu maksimal 10 lembar per keluarga.

ANRI, lanjutnya, juga menyediakan layanan penjemputan arsip secara kelompok. Masyarakat bisa mengumpulkan arsip di sebuah tempat dan nantinya akan diambil pihak ANRI.

Tahapan dan prosedur

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X