Asah Kecerdasan Anak, Bacakan 5 Dongeng Klasik Terpopuler di Dunia Ini

Kompas.com - 05/01/2020, 11:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

Anak-anak, terlebih di usia dini, adalah pembelajar yang cerdas. Bicara soal kecerdasan, cerdas tak hanya bisa ditakar lewat nilai akademis, namun mencakup kecerdasan bersikap, bersosialisasi, hingga pengambilan keputusan.

Menariknya, kecerdasan tersebut dapat diasah melalui kegiatan membaca. 

Membaca buku seperti buku dongeng, dapat dilakukan orang tua untuk melahirkan generasi yang berkualitas sejak dini. Pasalnya, kegiatan membaca bersama orang tua tak hanya sekadar untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak kelak.

Lebih dari itu, membaca dapat mengasah kemampuan kognitif anak, yaitu kemampuan berpikir dan menganalisa.

Membaca juga membuat anak memiliki wawasan yang lebih luas, guna mendukung pendidikan akademis di sekolah. Membaca dapat meningkatkan ikatan emosional dengan orang tua, mengajarkan anak bersosialisasi secara positif, mengembangkan daya imajinasi, hingga meningkatkan keterampilan bahasa.

Baca juga: Ternyata Membaca Dongeng Tidak Harus Malam Hari, Lalu Kapan?

Ada banyak buku dogeng yang bisa dimanfaatkan orangtua untuk memupuk kebiasaan membaca anak.

Selain ceritanya yang relatif singkat dan menarik bagi anak, dongeng juga berisi tentang kisah-kisah inspiratif yang mengajak anak untuk berprilaku positif. Sebagai contoh, dongeng-dongeng yang paling populer di dunia ini.

1. Cinderella, putri baik hati

Tak hanya anak-anak, orangtua bisa jadi sudah paham cerita Cinderella di luar kepala. Singkatnya, dongeng ini bercerita tentang putri dengan sepatu kacanya yang tertinggal di istana. Sepatu itulah yang mengantarkannya menjadi putri dan hidup bahagia dengan pangeran.

Namun, bukan sepatu kaca yang menjadi pesan utama, melainkan sikap baik yang dilakukan oleh Cinderella kepada banyak orang, termasuk pada ibu dan saudara tirinya. Ia juga bersikap baik pada pengurus rumah, ke pengemis yang meminta makanan, bahkan binatang. Sikap terpuji itulah yang membuat Cinderella mendapatkan kehidupan yang baik.

Saking terkenalnya, dongeng Cinderella kini memiliki beragam versi, bahkan ditayangkan di layar lebar. Tetapi versi yang paling terkenal ialah milik Charles Perrault.

2. Putri Salju yang tertidur

Tak berbeda jauh dengan Cinderella, kisah Putri Salj atau Snow White menjadi dongeng yang terkenal di dunia dan memiliki pesan positif yang mendalam.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Bobo
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X