Kisi-kisi UN 2020 SMP/MTs: Bahasa Indonesia, Inggris dan Matematika

Kompas.com - 06/01/2020, 22:25 WIB
Ilustrasi. UNBK SMP Tahun 2018 SMP Mutiara Bangsa Cipondoh. Dok. Dinas Pendidikan Kota TangerangIlustrasi. UNBK SMP Tahun 2018 SMP Mutiara Bangsa Cipondoh.


KOMPAS.com - Meski masih dalam suasana pasca bencana banjir Jakarta, namun para siswa khususnya kelas 9 jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsnawiyah ( SMP/MTs) harus mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN) 2020.

Karena itu, mulailah belajar agar nilai sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan nanti bisa diterima di SMA/SMK impian.

Dilansir dari laman Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP), baru-baru ini BSNP menetapkan kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP/MTs di seluruh Indonesia.

Bagi siswa kelas 9 SMP/MTS, berikut kisi-kisinya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Bahasa Indonesia

1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus bisa mengidentifikasi, menentukan, dan memaknai.

Baca juga: Kisi-kisi UN SMP 2020 Semua Mata Pelajaran Sudah Bisa Diunduh di Sini

Lingkup materi

  • Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan makna kata/kalimat pada teks, informasi tersurat teks dan menentukan bagian teks.
  • Membaca sastra: siswa dapat menentukan maka kata dan maksa tersurat dalam cerpen dan fabel, juga menentukan bagian cerpen.
  • Menulis terbatas: siswa dapat melengkapi istilah/kata dalam kalimat.
  • Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menunjukkan kata dan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah.
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.

2. Pada level kognitif aplikasi, siswa harus bisa menunjukkan bukti, menyimpulkan, menemukan ide, menginterpretasi, menggunakan, menyusun.

Lingkup materi

  • Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan ide pokok teks, menyimpulkan isi teks, menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks, dan meringkas isi teks.
  • Membaca sastra: siswa dapat menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel, menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel, menyimpulkan sebab/akibat konflik.
  • Menulis terbatas: siswa dapat menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks, melengkapi paragraf dengan kalimat, melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain).
  • Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah, dan menggunakan konjungsi dalam kalimat.
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menggunakan ejaan dan tanda baca.

3. Pada level kognitif penalaran, siswa harus mengevaluasi, membandingkan pola (menganalisis), menanggapi, dan memvariasi.

Lingkup materi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X