Memberikan wawasan, menumbuhkan harapan, tanpa gangguan iklan.
Berani coba? Dapatkan Gratis

Hobi Nonton Film, Pertimbangkan 5 Jurusan Kuliah Ini

Kompas.com - 09/01/2020, 17:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Nonton bisa menjadi kegiatan untuk melepas stres di tengah banyaknya pekerjaan rumah (PR), ulangan, hingga ujian.

Nah, bila nonton film menjadi salah satu hobi favorit, apalagi menjadi bahan asyik untuk kamu kritik, bisa jadi sejumlah jurusan kuliah ini mampu memajukan karier kamu di masa datang.

Terlebih kalau kamu tertarik terhadap dunia film, ingin membuat film sendiri, ingin memiliki karya film sendiri, dan punya cita-cita mulia memajukan dunia film di Indonesia, yuk tengok sejumlah jurusan kuliah.

Baca juga: Agar Mudah Cari Sekolah dan Beasiswa, Ketahui Kriteria Nilai UN 2020

Melansir Rencanamu.id, berikut jurusan-jurusan yang terkait dengan dunia perfilman.

1. Jurusan Televisi dan Film

Jurusan yang satu ini akan mengajak kamu belajar lebih dalam tentang dunia perfilman dan pertelevisian. Hal-hal yang akan dipelajari antara lain wawasan dan sikap dalam seni, analisis dalam menangani seni, membuat konten video visual yang layak, film fotografi dan banyak lagi.

Setelah lulus, profesi yang bisa kamu geluti di antaranya Talent Director, Editor Film dan Video, Program Director, Teknisi Penyiaran, Teknisi Perlengkapan Kamera dan Fotografi, Teknisi Suara, dan profesi lain mengingat dunia film di Indonesia cukup berkembang.

2. Jurusan sinematografi

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik gabungan antara seni dan teknologi yang melibatkan banyak skill sehingga terciptalah film yang enak untuk ditonton.

Pasalnya, film yang bagus tak hanya bergantung pada cerita dan teknik editing saja, namun juga dibutuhkan kemampuan untuk mengambil gambar yang tepat sehingga menghasilkan karya seni yang berkualitas sekaligus nyaman dilihat.

Baca juga: Daftar Jurusan Paling Banyak Dicari 2020, Lengkap dengan Pilihan Kampus

Nah, jurusan cinematography akan mengasah skill kamu untuk mengambil gambar yang tepat dengan efek yang pas, sehingga film yang dihasilkan berkualitas. Setelah lulus, kamu bisa bekerja di rumah produksi hingga instansi pertelevisian.

3. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Tak hanya terbatas pada dunia perfilman atau pertelevisian, jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menawarkan prospek kerja yang cukup luas. Sebab, selama mendalami jurusan ini kamu akan belajar tentang bagaimana menyampaikan pesan yang menarik dalam bentuk media visual.

Halaman Berikutnya
Pengalaman baca menyeluruh tanpa iklan.
Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com