Agar Mudah Cari Sekolah dan Beasiswa, Ketahui Kriteria Nilai UN 2020

Kompas.com - 09/01/2020, 14:03 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com- Sistem zonasi hingga tes masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN serta SBMPTN kerap membuat Ujian Nasional (UN) dikesampingkan oleh siswa kelas IX maupun XII. Padahal, nilai UN masih menjadi pertimbangan penting sejumlah sekolah maupun perguruan tinggi.

Untuk siswa kelas IX misalnya, nilai UN yang baik dapat memberikan kesempatan lebih besar dalam memilih SMA/MA/sederajat favorit tanpa terbatas wilayah melalui Jalur Prestasi.

Aturan tersebut tertuang dalam aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019, yang juga menyatakan bahwa kuota Jalur Prestasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah mengalami penambahan.

Kuota jalur prestasi ditambah menjadi 30 persen dari sebelumnya 15 perse. Artinya, siswa kelas IX SMP/MTs berprestasi memiliki peluang lebih besar untuk memilih SMA/MA/sederajat favorit.

Baca juga: Siswa Berhak UN Perbaikan bila Nilai Tak Sesuai Target, Ini Syaratnya

Keuntungan nilai UN baik

Keuntungan miliki nilai UN yang bagus juga akan dirasakan oleh siswa kelas XII. Nilai UN masih menjadi penilaian saat ingin ajukan beasiswa atau kuliah di luar negeri.

 “Jadi bagi ibu dan bapak, para orangtua yang sangat bersemangat mem-push anaknya mendapatkan nilai baik dan prestasi baik, maka inilah kesempatan bagi mereka buat mendapatkan sekolah yang baik. Yang diinginkan oleh mereka,” ujar Nadiem Makarim saat memaparkan program "Merdeka Belajar" di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Pusat, beberapa pekan lalu.

Untuk itu, ada baiknya siswa dan orangtua mengetahui nilai UN yang memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan.

Baca juga: 5 Cara Orangtua Bantu Anak Siap Hadapi Ujian atau Ulangan di Sekolah

Menurut Prosedur Operasional Standar (POS) UN, kriteria pencapaian kompetensi lulusan berdasarkan hasil UN dilaporkan dalam rentang nilai 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus).

Kriteria capaian UN

Berikut kriteria pencapaian kompetensi lulusan berdasarkan hasil UN:

1. Sangat baik: Jika nilai UN lebih besar dari 85 (delapan puluh lima) dan lebih kecil dari atau sama dengan 100 (seratus).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X