Kompas.com - 11/01/2020, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang mengatakan masa SMA adalah masa menyenangkan. Hidup kamu rasanya hanya belajar, main, dan bersenang-senang.

Di era kuliah, biasanya beban hidup mulai bertambah. Tanggung jawab makin berat dipikul di bahu.

Nah, meski ada tantangan ketika menuntut ilmu, banyak kegiatan bisa diikuti untuk meningkatkan kemampuan soft skills. Oh ya, pengertian soft skills itu adalah sejumlah keterampilan berhubungan dengan orang atau kecerdasan emosional.

Biasa soft skills berkaitan dengan kemampuan berinteraksi yang meliputi pola komunikasi dan pengendalian ego.

Ada banyak loh kegiatan yang bisa kita ikuti untuk meningkatkan kemampuan soft skills.

Baca juga: Kesehatan Mental Mahasiswa Jadi Isu Utama Global, Lalu Apa Solusinya?

Yuk, kita bahas beberapa kegiatan ini seperti disarankan oleh Head of Marketing Nutrifood, Susana dan Brand & Partnership Director Young On Top, Alexander Zulkarnain.

1. Ikut komunitas

Bertukar informasi melalui jejaring komunitas juga asyik dicoba. Kamu bisa mencari  komunitas-komunitas yang sesuai dengan minat dan bakat.

Alex menyarankan untuk mencari komunitas yang memiliki program yang jelas. Salah satu indikator yaitu dengan melihat program jangka menengah dan panjang yang direncanakan komunitas.

Dengan adanya program tersebut, kamu bisa ikut berpartisipasi untuk mengasah kemampuan.

2. Ikut lomba

Nah kegiatan yang satu ini yaitu lomba, boleh banget kamu coba. Ada banyak lomba yang biasanya diselenggarakan dan kamu ikuti.

Susana bilang, kamu bisa ikut lomba atau kompetisi yang membutuhkan kerjasama tim. Dalam tim, kamu akan melatih kemampuan berkomunikasi, empati, dan lainnya.

Kamu bisa memilih beragam kompetisi yang di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional. Nah, kamu juga bisa mengikuti kompetisi-kompetisi baik offline maupun online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.