Orangtua, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anak Masuk PAUD

Kompas.com - 12/01/2020, 14:29 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain


KOMPAS.com - Ketika anak memasuki usia tiga tahun, biasanya banyak orangtua mulai mengenalkan anak dengan konsep belajar di sekolah melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Namun, ketika usia itu apakah anak sudah siap untuk sekolah?

Orangtua harus memahami terlebih dahulu faktor penentu siap tidaknya anak untuk sekolah.

Menurut dr Andyda Meliala, pemerhati pendidikan anak usia dini dan pendiri Resourceful Parenting Indonesia, ketiga faktor itu ialah:

  • Fisik
  • Mental
  • Kecerdasan

Baca juga: 3 Faktor Penentu Siap atau Tidaknya Anak Masuk PAUD

"Secara fisik bisa dilihat dari usia, misalnya anak berusia 5 tahun biasanya sudah siap masuk ke TK. Lalu secara sosial, dia siap untuk bergaul, dan dari sisi kecerdasan dia siap untuk menerima perintah,” jelas dr di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bagi orangtua, jika anak dipaksakan untuk sekolah maka anak bisa mengalami trauma yang dapat menyebabkan otak kanan tertutup. Anak nanti tidak bisa menerima pelajaran.

Daripada dipaksakan sekolah, lebih baik disesuaikan dengan kesiapan anak itu sendiri.

5 hal yang perlu diketahui orangtua sebelum mendaftarkan anak masuk PAUD:

1. Setiap anak punya karakter berbeda

Ada anak yang membutuhkan waktu lebih lama beradaptasi. Maka orangtua bisa mencari sekolah yang sesuai, misalnya jam belajarnya tidak terlalu panjang. Jika anak sudah nyaman, maka jam belajar bisa ditambah

2. PAUD sebagai pondasi belajar secara formal

PAUD adalah tahap pembelajaran yang sebaiknya tak dilewatkan. Pendidikan ini didesain sebagai institusi transisi yang mempersiapkan anak ke jenjang berikutnya.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X