Kompas.com - 06/01/2020, 22:16 WIB
Salah satu mainan edukatif Fisher Price, Code-A-Pillar KOMPAS.com/Nabilla TashandraSalah satu mainan edukatif Fisher Price, Code-A-Pillar


KOMPAS.com - Setelah beberapa minggu liburan, kini waktunya untuk kembali bersekolah. Khusus orangtua yang memiliki putra atau putri sekolah di PAUD, berikut beberapa pengetahuan tentang manfaat dan fungsi alat permainan edukatif (APE) bagi anak usia dini.

Dirangkum dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut13 manfaat dan fungsi APE bagi anak usia dini:

1. Tingkatkan kreativitas dan perkembangan anak

Sejak dari bayi hingga kanak-kanak, tentu anak suka bermain. Sebab, dunia anak adalah dunia bermain. Dorongan internal terutama tumbuhnya sel saraf di otak memungkinkan anak melakukan aktivitas bermain tanpa kenal lelah. Bener gak?

Baca juga: Mengenal Permainan Tradisional Gobak Sodor

Dengan bermain, anak dapat menyalurkan kelebihan energi yang terkandung dalam tubuhnya, sekaligus belajar atau berlatih dalam suasana riang gembira. Ini juga dapat meningkatkan fungsi-fungsi fisik maupun psikisnya.

Dari permainan puzzle, anak bisa membedakan besar dan kecil. Permainan edukatif juga bermanfaat untuk menguatkan dan menerampilkan anggota badan si anak, mengembangkan kepribadian, dan kreativitasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Latih kemampuan motorik

Kemampuan ini bisa dilihat ketika anak berusaha meraih dan mengambil permainannya. Bisa pula dengan meraba, memegang dengan kelima jarinya dan sebagainya. Ini biasanya jadi bagian dari stimulasi motorik halus.

Untuk merangsang motorik kasar bisa didapatkan anak saat menggerak-gerakkan mainannya, melempar, mengangkat dan lain-lain.

3. Latih konsentrasi

Ternyata, APE dirancang untuk menggali kemampuan anak, termasuk kemampuan dalam berkonsentrasi dan fokus. Misalnya saat menyusun puzzle, anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya.

Cara ini sangat efektif, sebab anak tidak berlari-larian atau melakukan aktivitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan.

4. Tumbuhkan rasa percaya diri

Jika anak sedang dalam suasana senang, maka mereka akan melakukan kegiatan yang mereka sukai dengan cara menggali dan menemukan sesuai yang ingin mereka ketahui.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X