DQLab
Komunitas data scientist

Komunitas praktisi dan industri dalam program belajar data science oleh DQLab (dqlab.id).

Ini Cara Merintis Karier sebagai Data Scientist di Industri Fintech

Kompas.com - 12/01/2020, 15:19 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Pentingnya peranan data saat ini membawa dampak pada peningkatan kebutuhan akan talenta praktisi data di perusahaan.

Kamu harus tahu, banyak sekali loh peluang di perusahaan jika kamu mendalami ilmu mengenai data. Oleh karenanya, saat kamu memiliki kompetensi di bidang data, profesi ini sangat menjanjikan di hari ini maupun masa mendatang.

Pastinya setiap perusahaan membutuhkan seseorang yang dapat mengolah data dan memberikan ide agar selangkah lebih maju dari kompetitornya.

DQLab, platform belajar online, menyusun tips dari Izzuddin Ahsanujunda (Data Scientist DANA) mengenai hal apa saja yang dibutuhkan untuk mulai merintis karier sebagai data scientist.

1. Kuat pemahaman matematika

Untuk terjun di dunia data, seorang data scientist setidaknya harus memahami betul mengenai matematika, salah satunya bidang studi statistik.

Kemampuan akademis ini akan mampu meningkatkan keterampilan dalam memproses dan menganalisis data besar.

“Untuk menjadi seorang data scientist pastinya harus punya background matematika yang kuat karena mereka dituntut bisa mengolah data dengan statistik yang kemudian akan diproses dengan coding,” ujar Junda sapaan akrab Izzuddin Ahsanujunda.

“Disini mereka harus tahu gimana caranya bisnis problem diubah menjadi matematika model menjadi software,” tambahnya.

2. Skill Programming yang baik

Memiliki bekal skill pemrograman ternyata juga dibutuhkan juga untuk menjadi seorang data scientist.

Untuk memudahkan mereka dalam pengolahan data, keahlian programming yang dimiliki dapat menghasilkan data yang diinginkan sesuai kebutuhan perusahaan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.