Informasi Lengkap Materi, Penilaian dan Skor Tes SKD CPNS 2019

Kompas.com - 15/01/2020, 11:35 WIB
Pelaksanaan seleksi CPNS pada 2017. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOPelaksanaan seleksi CPNS pada 2017.

KOMPAS.com- Pendaftaran seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) untuk semua instansi telah ditutup sejak 10 Desember 2019.

Bagi yang telah mendaftar dan lulus tahap seleksi administrasi perlu menyiapkan diri untuk mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD)  adalah langkah selanjutnya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan, tahap CPNS 2019 dilanjutkan dengan agenda tes SKD yang akan dimulai pada 27 Januari 2020.

Bila kini kamu sedang bersiap menghadapi tes tersebut, berikut materi SKD CPNS 2019 yang bisa menjadi bahan untuk persiapan tes SKD yang dirangkum Kompas.com:

Tiga jenis tes SKD CPNS 2019

Ada tiga jenis atau kelompok soal yang dikerjakan peserta SKD CPNS 2019, yakni TKP, TWK, dan TIU. Berikut penjelasan masing-masing tes.

Baca juga: Kemendikbud Susun Soal SKD CPNS, Nadiem Harapkan Terjaring Smart ASN

1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP). TKP akan menilai perilaku terkait pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.

2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). TWK diujikan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia.

3. Tes Intelegensi Umum (TIU). TIU menilai tiga kemampuan peserta, yakni kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural.

  • Kemampuan verbal meliputi analogi, silogisme, dan analitis.
  • Sementara, kemampuan numerik berhubungan dengan berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita.
  • Lalu, kemampuan figural mengukur kemampuan peserta dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar, perbedaan beberapa gambar, dan pola hubungan dalam bentuk gambar.

Jumlah soal dan penilaian tes TKP

Melansir Permenpan RB No 24 Tahun 2019, jumlah soal TKP berjumlah 35 soal.

Untuk penilaian materi TKP, akan dilakukan skoring 1-5 (satu hingga 5). Bila peserta tidak menjawab maka nilainya 0 (nol).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber kompas.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X