Jurusan Paling Sulit Ditembus Calon Mahasiswa Baru di IPB adalah...

Kompas.com - 15/01/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi sarapan bergizi. Shutterstock.Ilustrasi sarapan bergizi.

KOMPAS.com - Jurusan Ilmu Gizi menjadi jurusan paling sulit ditembus calon mahasiswa baru di Institut Pertanian Bogor ( IPB). Hal itu diungkapkan oleh Kepala Biro Komunikasi IPB University, Yatri Indah Kusumastuti.

"Paling ketat prodi (program studi) Ilmu Gizi. Ilmu Gizi cenderung mudah dibayangkan apa yang akan dipelajari, di samping itu peluang kerja dan usaha dalam bidang itu juga amat luas," kata Yatri saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/1/2020).

Dikutip dari halaman IPB, daya tampung jurusan Ilmu Gizi pada SNMPTN 2019 dan tingkat keketatan yaitu 38 orang dan 23,23 persen.

Sementara, daya tampung jurusan Ilmu Gizi pada SBMPTN 2019 dan tingkat keketatan yaitu 37 orang dan 74,60 persen.

Pada SNMPTN tahun 2018, ada sebanyak 2.576 calon mahasiswa yang mendaftar. Sementara, IPB hanya menerima 57 orang.

Baca juga: 7 Tips Cerdas Lolos SNMPTN 2020

Persaingan calon mahasiswa yang mendaftar di jurusan Ilmu Gizi dengan jalur SNMPTN pada tahun 2018 juga terlihat dari berbagai daerah.

Pada SNMPTN 2018, siswa yang mendominasi jurusan Ilmu Gizi adalah Jawa Barat (28 orang), Jawa Tengah (7 orang), dan Jakarta (4 orang).

Menurut Yatri, lulusan Ilmu Gizi IPB banyak tersebar di berbagai tempat yang memerlukan tenaga ahli gizi. Yatri menyebut, lulusan Ilmu Gizi IPB banyak yang bekerja di rumah sakit, lembaga penelitian, produsen pangan, manufaktur.

"Banyak juga yang buat usaha catering, rumah makan dan sebagainya," tambah Yatri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X