Kompas.com - 16/01/2020, 11:35 WIB

KOMPAS.com - Jack Ma pendiri Alibaba dalam forum OECD di Paris Perancis (5/12/2019) menyarankan agar negara-negara anggota OECD lebih memerhatikan dan memfokuskan investasi pendidikan pada guru dan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Apa yang disampaikan Jack Ma ini bukan tanpa alasan.

Jack Ma menyarankan berinvestasi lebih banyak pada pendidikan anak usia dini (PAUD), ketika anak-anak membangun keterampilan dan nilai-nilai kehidupan dan bukan di universitas, ketika nilai sudah ditetapkan.

"Tolong letakkan lebih banyak investasi (sumber daya) di depan dan bukan di belakang," katanya.

Jack Ma memandang  PAUD dan sekolah dasar memiliki pengaruh luar biasa dalam membentuk anak-anak.

Pentingnya penguatan guru

Jack Ma juga menganjurkan untuk memberi dukungan terhadap guru yang lebih kuat. “Jika kita menghormati guru, kita menghormati ilmu pengetahuan dan kita menghormati masa depan,” katanya.

Baca juga: Jack Ma Bicara soal Pendidikan: Rumus Pendidikan IQ, EQ dan LQ

"Tingkatkan gaji mereka dan bantu kepala sekolah dengan pelatihan kepemimpinan, karena 60 persen guru meninggalkan profesi karena mereka tidak menyukai kepala sekolah mereka," ujarnya.

Di masa depan, Jack Ma mengatakan ada beberapa hal harus menjadi fokus perhatian: guru, ruang kelas, dan siswa.

Jack Ma berpendapat kelas tidak boleh hanya menghabiskan 40 menit untuk diam membaca dan mengerjakan tugas atau ujian. Guru tidak boleh lagi menjadi pusat kelas sebagai "orang dengan semua pengetahuan".

Menurutnya pendidik harus mulai fokus pada kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat, bukan hanya mendapatkan jawaban yang benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.