Guru Jangan Beri Label "Malas" atau "Bodoh" pada Siswa, Ini Alasannya

Kompas.com - 17/01/2020, 14:11 WIB
Nurfaidah, guru di SDN 131 Kota Jambi mengunakan praktik baik pembelajaran menggunakan buku besar sebagai media penanaman nilai dan karakter. DOK. TANOTO FOUNDATIONNurfaidah, guru di SDN 131 Kota Jambi mengunakan praktik baik pembelajaran menggunakan buku besar sebagai media penanaman nilai dan karakter.

KOMPAS.com -  Jack Ma pendiri Alibaba dalam forum OECD di Paris Perancis (5/12/2019) menyarankan agar negara-negara anggota OECD lebih memerhatikan dan memfokuskan investasi pendidikan pada guru dan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Apa yang disampaikan Jack Ma ini bukan tanpa alasan.

Jack Ma menyarankan berinvestasi lebih banyak pada pendidikan anak usia dini (PAUD), ketika anak-anak membangun keterampilan dan nilai-nilai kehidupan dan bukan di universitas, ketika nilai sudah ditetapkan.

"Tolong letakkan lebih banyak investasi (sumber daya) di depan dan bukan di belakang," katanya. Jack Ma memandang PAUD dan sekolah dasar memiliki pengaruh luar biasa dalam membentuk anak-anak.

 

"Masa emas" 5 tahun pertama 

Nurfaidah, guru di SDN 131 Kota Jambi memiliki pendapat yang sama dengan apa yang disampaikan Jack Ma. 

Baca juga: Hadapi Revolusi Industri 4.0, STEAM Perlu Dikenalkan Sejak Pendidikan Menengah

"Masa usia PAUD adalah masa emas anak dimana masa lima tahun pertama usia anak adalah masa kritis. Masa ini merupakan masa yang menjadi basis, landasan, dan fondasi berbagai aspek perkembangan," jelas Nurfaidah.

Fasilitator dari Program Pintar Tanoto Foundation ini menyampaikan masa golden age menjadi masa penting bagi anak di masa-masa awal hidupnya di dunia.

Ia menjelaskan masa golden age adalah usia anak ketika mereka berumur 0 sampai dengan 5 tahun. Usia tersebut berada pada perkembangan terbaik untuk fisik dan otak anak.

"Sebenarnya semua masa tumbuh kembang anak adalah penting, namun pada masa PAUD inilah pengalaman-pengalaman pertama di kehidupan seorang anak terekam kuat," jelasnya.

Itulah mengapa, lanjut Nurfaidah, pada usia anak di PAUD merupakan "investasi" terbaik sebagai penanaman karakter dan nilai-nilai kehidupan memiliki pengaruh yang luar biasa.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X