Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2020, 22:59 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Fisika FMIPA UGM berhasil mengembangkan alat multi fungsi untuk identifikasi makanan halal secara cepat, akurat, dan portable berbentuk "lidah elektronik" (electronic tongue) atau ELTO.

ELTO hasil peneliti di Institute of Halal Industry and System (IHIS) UGM, Dr. Eng. Kuwat Triyana ini juga mempu mendeteksi keaslian dan kualitas produk makanan.

Tidak hanya mendeteksi kehalalan makanan, Kuwat menjelaskan alat ini juga bisa digunakan untuk membuktikan keaslian produk-produk makanan, seperti kopi luwak dan zam-zam, deteksi kontaminasi produk dan kehalalannya, deteksi cepat narkotika dan lainnya.

"Bekerja layaknya lidah kita, ELTOl bisa menganalisis berbagai macam rasa, seperti pahit, asin, asam, manis, dan gurih atau umami,“ jelas Kuwat seperti dilansir dari laman resmi UGM (17/1/2020).

Penggunaan mudah dan praktis

Alat ini menggunakan sistem kecerdasan buatan (AI) dan dapat dihubungkan ke komputer atau ponsel cerdas Android secara nirkabel.

Baca juga: Fenomen Sinkhole di Gunungkidul, Ini Kata Pakar dari UGM

 

Kuwat menyampaikan alat ini merupakan lidah elektronik terkecil yang ada saat ini. Untuk mendukung portabilitas, alat ini menggunakan sumber energi satu baterai lithium 3.500 mAH dan bisa bertahan hingga 14 jam untuk penggunaan secara kontinu.

Cara pengoperasian perangkat ini tergolong mudah. Sampel produk yang akan dideteksi cukup dilarutkan atau diseduh dengan air atau alkohol tergantung sifat sampelnya.

Selanjutnya ujung larik sensor dicelupkan ke dalam larutan sampel tersebut selama 1-2 menit. Kemudian data diproses berbasis kecerdasan buatan hingga dengan mudah diambil sebuah keputusan atas sampel tersebut.

“Hasilnya, tidak lebih dari 2 menit sudah bisa dilihat di layar komputer atau perangkat berbasis Android apakah produk tersebut asli atau tidak, halal atau tidak, serta tingkatan kualitas tertentu,” ungkapnya.

Terkecil di dunia dan akurasi tinggi

Selain mampu mendeteksi secara cepat, alat ini juga memiliki akurasi tinggi yakni lebih dari 98 persen.

Keunggulan lain dan yang membedakan dengan alat yang sudah ada di pasaran adalah bersifat portabel, dapat terhubung secara nirkabel dengan perangkat berbasis Android dan komputer.

Selain itu, dapat terhubung ke jaringan internet sehingga memungkinkan untuk dibawa dan digunakan untuk melakukan tes di berbagai tempat secara langsung berbasis IoT.

“Alat lain yang ada di pasaran, produk luar negeri, memiliki dimensi yang besar seukuran meja sehingga tidak bisa dipindah tempatkan dengan mudah. Sedangkan sistem akuisisi data dari elto memiliki dimensi hanya 105x73x35 mm,” jelasnya.

Kuwat juga menyampaikan ELTO telah dikalibrasi dan diverifikasi laboratorium universitas di Braganca Portugal.

ELTO dikembangkan sejak tahun 2016 dengan menghabiskan biaya penelitian Rp200-an juta. Dibuat bersama dengan tim mahasiswa dari program pascasarjana Fisika UGM, yakni Shidiq Nur Hidayat, Trsina Julian dan Aditya Rianjanu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com