Beasiswa S1 Jepang, Gratis Kuliah dan Uang Saku Rp 18,2 Juta per Bulan

Kompas.com - 19/01/2020, 19:58 WIB
University of Tokyo. ShutterstockUniversity of Tokyo.

KOMPAS.com - Buat kamu calon mahasiswa yang mencari beasiswa S1 dan menyukai budaya Jepang, ada tawaran menarik nih. Kamu bisa mendaftarkan diri ke program beasiswa S1 luar negeri Jepang 2020 Mitsui-Bussan Scholarship Program for Indonesia.

Beasiswa Mitsui-Bussan Scholarship Program for Indonesia merupakan program beasiswa yang ditawarkan untuk lulusan SMA di Indonesia untuk melanjutkan kuliah di Jepang.

Beasiswa ini didanai oleh Mitsui & Co. Ltd bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Baca juga: Tips Beasiswa, 3 Cara Mencari Informasi Beasiswa yang Kamu Banget

Beasiswa luar negeri yang ditawarkan secara rutin setiap tahunnya ini bersifat beasiswa penuh. Kamu yang terpilih dapat leluasa menjalankan masa studi selama di Jepang.

Beasiswa Mitsui-Bussan bertujuan agar para siswa terpilih bisa mempelajari budaya dan tradisi di Jepang. Selain itu, diharapkan kamu yang terpilih juga diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada pembangunan di Indonesia setelah menyelesaikan kuliah di Jepang.

Beasiswa S1 Jepang Mitsui-Bussan sendiri akan berlangsung selama jangka waktu 5,5 tahun mulai dari bulan Oktober 2020 hingga Maret 2026 dengan rincian sebagai berikut.

  1. Kursus bahasa Jepang: 1,5 tahun (18 bulan) yang akan dilaksanakan pada Tokyo Japanese Language Education Center of Independent Administrative Institution, Japan Student Services Organization, Tokyo, Jepang
  2. Masa Studi S1 di Universitas yang terdapat di Jepang: 4 tahun (48 bulan)

Cakupan Beasiswa

  1. Tunjangan biaya hidup senilai 145,000 yen (± Rp 18,2 juta) setiap bulan
  2. Tiket pesawat kelas ekonomi PP Indonesia – Jepang pada awal dan akhir masa pemberian beasiswa
  3. Tunjangan kedatangan senilai 50,000 yen (± Rp 6,2juta) yang diberikan pada saat kedatangan di Jepang
  4. Gratis biaya perkuliahan termasuk biaya pendaftaran dan biaya kursus bahasa Jepang
  5. Akomodasi
  • Pada 1,5 tahun pertama selama masa kursus bahasa Jepang, penerima beasiswa akan tinggal di asrama Japanese Language Center. Penerima beasiswa akan mendapatkan subsidi tempat tinggal sejumlah 5.000 yen per bulan
  • Saat menjalani masa perkuliahan, pelamar dapat tinggal di asrama, kos, atau apartemen yang telah ditentukan oleh Mitsui Bussan Scholarship. Penerima beasiswa akan mendapatkan subsidi lodging sejumlah 25.000 yen per bulan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X