Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat Besar bila Kamu Mahir Bahasa Asing

Kompas.com - 20/01/2020, 13:41 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak ada salahnya memperdalam kemampuan bahasa asing mengingat saat ini dunia kerja membutuhkan seseorang dengan kemampuan bahasa asing mumpuni, selain bahasa Indonesia.

Bagi pelajar ataupun mahasiswa, menguasai bahasa asing sudah menjadi kewajiban yang tidak dapat dihindari karena kemampuan ini akan sangat berguna dalam berbagai bidang.

Belajar atau menggunakan bahasa asing terlalu sering juga bukan berarti kita tidak mencintai bahasa Indonesia. Tentunya penggunaan bahasa asing harus disesuaikan dengan tempat, kondisi, dan lawan bicara.

Dirangkum dari Rencanamu.id, ada 10 manfaat bsar bisa kamu dapatkan jika menguasai bahasa asing:

Baca juga: 5 Bahasa Asing Paling Banyak Dicari di Dunia Kerja

1. Naik level

Ketika kamu jago bahasa asing, pasti akan terlihat lebih smart dan berkarakter. Tentu hal ini bakal membuat kamu naik level atau jadi nilai tambah buat dirimu.

2. Perluas jaringan

Dalam skala internasional, kamu yang memiliki kemampuan bahasa asing bisa lebih mudah dapat kenalan. Apalagi saat event internasional, misalnya seminar, ini bisa jadi kesempatan untuk memperluas jaringan.

3. Menambah referensi bacaan

Ada banyak artikel atau informasi di internet yang disajikan dalam bahasa Inggris. Secara tidak langsung, kamu yang bisa bahasa Inggris bisa lebih sering membaca artikel-artikel tersebut.

Jadi, kamu juga bisa menambah banyak referensi bacaan dibanding teman lain yang tidak bisa bahasa Inggris. Menurut penelitian, mempelajari bahasa asing juga membuat otak kamu tetap tajam.

4. Menambah uang saku

Ada keuntungan lain yang kamu dapat dengan jago bahasa asing. Salah satunya kamu bisa mengajar les atau menjadi penerjemah paruh waktu. Jadi, uang saku kamu akan bertambah.

5. Perluas kesempatan kuliah/bekerja ke luar negeri

Mendapatkan beasiswa pasti jadi impian setiap pelajar. Apalagi jika sampai dapat beasiswa kuliah ke luar negeri, pasti akan bangga. Hal ini juga berlaku kamu bisa berkesempatan bekerja di luar negeri. Tentu modal utamanya jago bahasa asing.

6. Punya nilai plus dicantumkan di CV

Baca juga: Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Asing?

Ketika kamu mencantumkan mampu menguasai bahasa asing di curriculum vitae (CV), pasti jadi nilai plus. Apalagi jika bahasa asingnya ada banyak, ini nilai lebih yang tak dimiliki setiap orang. Dengan nilai plus ini, nantinya kamu jadi punya posisi untuk menawar gaji dengan lebih baik.

7. Tak perlu subtitle/translate

Jika kamu sedang nonton film luar negeri, maka kamu tak perlu lagi subtitle. Atau kamu bisa meresapi langsung setiap lirik lagu asing yang kamu dengar.

8. Jalan-jalan di luar negeri lebih mudah

Jika kamu sedang travelling ke sebuah negara asing, kamu tidak akan kesasar. Sebab, jika kamu bisa bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, maka kamu akan mudah memahaminya.

Informasi papan petunjuk, menu makanan, hingga saat berada di pusat informasi membuat kamu bisa mudah berkomunikasi. Apalagi kamu bisa banyak bahasa asing sesuai negara yang kamu kunjungi, pasti akan sangat menyenangkan.

9. Marah-marah tanpa orang lain tahu

Hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan. Tetapi, ketika kamu sedang ingin marah, maka kata-kata atau kalimat dengan bahasa asing yang kamu pakai tidak akan membuat orang lain tahu.

10. Bisa tahu pembicaraan orang lain

Ketika kamu berjumpa dengan orang asing yang sedang mengobrol dan kebetulan kamu bisa bahasa mereka, maka secara tidak langsung kamu tahu apa yang sedang mereka bicarakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com