10 Manfaat Besar bila Kamu Mahir Bahasa Asing

Kompas.com - 20/01/2020, 13:41 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com - Tidak ada salahnya memperdalam kemampuan bahasa asing mengingat saat ini dunia kerja membutuhkan seseorang dengan kemampuan bahasa asing mumpuni, selain bahasa Indonesia.

Bagi pelajar ataupun mahasiswa, menguasai bahasa asing sudah menjadi kewajiban yang tidak dapat dihindari karena kemampuan ini akan sangat berguna dalam berbagai bidang.

Belajar atau menggunakan bahasa asing terlalu sering juga bukan berarti kita tidak mencintai bahasa Indonesia. Tentunya penggunaan bahasa asing harus disesuaikan dengan tempat, kondisi, dan lawan bicara.

Dirangkum dari Rencanamu.id, ada 10 manfaat bsar bisa kamu dapatkan jika menguasai bahasa asing:

Baca juga: 5 Bahasa Asing Paling Banyak Dicari di Dunia Kerja

1. Naik level

Ketika kamu jago bahasa asing, pasti akan terlihat lebih smart dan berkarakter. Tentu hal ini bakal membuat kamu naik level atau jadi nilai tambah buat dirimu.

2. Perluas jaringan

Dalam skala internasional, kamu yang memiliki kemampuan bahasa asing bisa lebih mudah dapat kenalan. Apalagi saat event internasional, misalnya seminar, ini bisa jadi kesempatan untuk memperluas jaringan.

3. Menambah referensi bacaan

Ada banyak artikel atau informasi di internet yang disajikan dalam bahasa Inggris. Secara tidak langsung, kamu yang bisa bahasa Inggris bisa lebih sering membaca artikel-artikel tersebut.

Jadi, kamu juga bisa menambah banyak referensi bacaan dibanding teman lain yang tidak bisa bahasa Inggris. Menurut penelitian, mempelajari bahasa asing juga membuat otak kamu tetap tajam.

4. Menambah uang saku

Ada keuntungan lain yang kamu dapat dengan jago bahasa asing. Salah satunya kamu bisa mengajar les atau menjadi penerjemah paruh waktu. Jadi, uang saku kamu akan bertambah.

5. Perluas kesempatan kuliah/bekerja ke luar negeri

Mendapatkan beasiswa pasti jadi impian setiap pelajar. Apalagi jika sampai dapat beasiswa kuliah ke luar negeri, pasti akan bangga. Hal ini juga berlaku kamu bisa berkesempatan bekerja di luar negeri. Tentu modal utamanya jago bahasa asing.

6. Punya nilai plus dicantumkan di CV

Baca juga: Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Asing?

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X