Tahun 2020, Siswa SMP Sederajat Bisa Ikut UN Ulangan...

Kompas.com - 21/01/2020, 17:57 WIB
Sejumlah siswa-siswi kelas XII di SMA Negeri 3 Surabaya melaksanakan tryout untuk persiapan menjelang ujian nasional, Selasa (26/2/2019). KOMPAS.com/GHINAN SALMANSejumlah siswa-siswi kelas XII di SMA Negeri 3 Surabaya melaksanakan tryout untuk persiapan menjelang ujian nasional, Selasa (26/2/2019).

KOMPAS.com - Siswa SMP dan sederajat kini bisa mengikuti Ujian Nasional (UN) Ulangan atau dulu dikenal sebagai Ujian Nasional Perbaikan pada penyelenggaraan UN 2020.

Kebijakan ini diambil sebagai langkah untuk menyikapi adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 43 Tahun 2019.

"Tahun ini. Pesertanya tidak lagi dibatasi SMA sederajat, tapi dari SMP sederajat," ujar anggota Badan Standar Nasional Pendidikan, Bambang Suryadi saat Jumpa Pers Revisi Pos UN 2019/2020 di Jakarta, Kamis (21/1/2020).

Adapun kebijakan ini merupakan bentuk dari turunan Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019.

Pada tahun lalu, Ujian Nasional Susulan hanya khusus untuk jenjang SMA sederajat.

"Perbedaan dengan tahun lalu ketika ujian nasional perbaikan hanya dikhususkan untuk mereka pada jenjang SMA/SMK/Paket C sederajat," tambah Bambang.

Baca juga: 5 Hal Terkait UN Ulangan, Syarat hingga Pendaftaran

Ujian Nasional Ulangan berlaku untuk Peserta UN Satuan Pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan yang sederajat serta Program Paket B/Wustha dan Program Paket C/Ulya Tahun Pelajaran 2019/2020 yang telah terdaftar sebagai peserta ujian, tetapi belum mengikuti UN Utama atau UN Susulan karena alasan teknis dan/atau akademis disertai bukti yang sah.

Selain itu, UN Ulangan juga Peserta UN Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Satuan Pendidikan
SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan yang sederajat serta Program Paket B/Wustha dan Program Paket C/Ulya yang belum memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan yang ditetapkan.

Peserta UN berhak mengikuti Ujian Ulangan hanya satu kali dalam tahun yang sama.

Adapun mekanisme pendaftaran, persyaratan, pelaksanaan, dan jadwal Ujian Ulangan sudah diatur dalam POS UN Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terbit pada 14 Januari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X