Apa itu Prodi Vokasi Administrasi Asuransi Aktuaria UI? Cek di Sini...

Kompas.com - 21/01/2020, 19:56 WIB
Ilustrasi pendidikan akturia. Dok. Humas UIIlustrasi pendidikan akturia.

KOMPAS.com - Buat kamu yang ingin kuliah di bidang aktuaria, Program Studi (prodi) Administrasi Asuransi dan Aktuaria Universitas Indonesia bisa jadi pilihan. Pendidikan di tingkat vokasi ini mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli madya asuransi dan aktuaria professional tersertifikasi.

Pada prodi ini, lulusan disiapkan untuk mampu mengaplikasikan ilmu aktuaria, statistika, dan ekonomi di Industri asuransi, dana pensiun dan keuangan

Di prodi tersebut, tersedia pengajar yang sudah tersertifikasi di bidang asuransi, aktuaria, risk management, dan keuangan.

Ketua Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Asrori, MA. menuturkan, “mahasiswa akan menempuh pendidikan selama 3 tahun di Vokasi UI untuk mendapatkan gelar Ahli Madya."

Baca juga: Mengenal Jurusan Aktuaria, Jurusan dengan Passing Grade Tinggi SBMPTN

Ia melanjutkan, Vokasi UI menjalankan kurikulum 321 mahasiswa selama 3 semester belajar konsep dan praktik di kampus, 2 semester belajar di Industri dan 1 semester magang.

"Dengan metode itu, saat lulus, mereka sudah punya bekal pengalaman yang cukup. Terbukti, lulusan kami sudah bekerja dalam kurun waktu paling lama 3 bulan setelah lulus," jelas Asrori dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Kurikulum dan silabus Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria telah mengikuti atau sejalan dengan kurikulum dan silabus Asosisiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan Malaysian Insurance Institute (MII).

Para lulusan nantinya tak lagi memiliki gap yang berarti dengan tuntutan industri.

Untuk setiap lulusan akan dibimbing untuk memiliki sertifikat profesi antara lain:

1. Ajun Ahli Asuransi Indonesia Jiwa (AAAIJ) dan Ahli Asuransi Indonesia Jiwa (AAIJ)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.