11 Prodi Favorit Calon Mahasiswa Baru di Indonesia dari Tahun ke Tahun

Kompas.com - 22/01/2020, 22:24 WIB
Ilustrasi mahasiswa Public Relation. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi mahasiswa Public Relation.

KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, tahun ini tren program studi (prodi) favorit yang menjadi pilihan calon mahasiswa di Indonesia belum bergeser dari tahun-tahun sebelumnya.

Sejumlah prodi favorit tersebut sudah lama dikenal oleh masyarakat dan dipilih oleh calon mahasiswa baru.

Di Kelompok Saintek (Sains dan Teknologi), misalnya, Budi menuturkan, prodi Kedokteran dan Teknologi Informasi masih menjadi favorit. Selain itu bidang teknik juga masih diminati banyak calon mahasiswa, seperti Teknik Industri, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro.

Budi Prasetyo menambahkan, prodi favorit di Kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum) relatif belum bergeser dari ilmu ekonomi, seperti Manajemen dan Akuntansi.

Baca juga: LTMPT: Aktuaria Sudah jadi Prodi Favorit Calon Mahasiswa Baru

Kemudian di bidang sosial dan ilmu politik, prodi favorit yaitu Hubungan Internasional, Komunikasi, Hukum, dan Psikologi.

Menurut Budi, pada dasarnya semua program studi bagus. Namun setiap individu atau lulusannya harus punya nilai tambah agar memiliki keunggulan dibanding yang lain.

Berikut penjelasan tentang prodi-prodi favorit pilihan mahasiswa baru seperti dikutip dari Rencanamu.id.

Saintek

1. Kedokteran

Program studi Pendidikan Dokter (atau lebih dikenal dengan Kedokteran) adalah salah satu prodi yang tiap tahun selalu banyak peminatnya. Di prodi Kedokteran kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit.

Untuk mempelajari ilmu kedokteran ini, kamu harus memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi pada tubuh manusia, mulai dari tulang, otot, saraf, dan indera. Selain anatomi, kamu juga akan belajar histologi, fisiologi, dan biokimia.

Setelah memahami fungsi dasar bagian tubuh, kamu juga akan belajar tentang penyakit dan obat-obatan. Di Pendidikan Dokter, kamu akan mempelajari tata cara pemeriksaan pasien dan menginterpretasi hasil pemeriksaan tersebut.

2. Teknologi Informasi

Di era digital ini, teknologi informasi merupakan unsur yang penting dalam kehidupan. Perkembangan teknologi informasi tak dapat dipisahkan dari segala aspek kehidupan termasuk sosial, ekonomi, dan politik.

Dalam prodi Teknologi Informasi, kamu akan mempelajari komponen penting dalam dunia teknologi seperti pengembangan perangkat lunak (software), arsitektur teknologi informasi, manajemen sistem informasi, jaringan, dan penerapan teknologi tersebut di masyarakat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X