15 Contoh Kerjasama Orangtua dan Guru untuk Bantu Mendidik Anak

Kompas.com - 23/01/2020, 17:49 WIB
Siswa kelas II-III Sekolah Highscope Jakarta mengerjakan tugas yang diberikan guru di kelas, Senin (16/2). Sekolah dengan kompetensi guru dan pendidikan yang bermutu menjadi salah satu pilihan orangtua siswa. KOMPAS/YUNIADHI AGUNGSiswa kelas II-III Sekolah Highscope Jakarta mengerjakan tugas yang diberikan guru di kelas, Senin (16/2). Sekolah dengan kompetensi guru dan pendidikan yang bermutu menjadi salah satu pilihan orangtua siswa.

KOMPAS.com - Pembelajaran karakter untuk anak merupakan tugas bersama antara orang tua dan guru. Orangtua dan guru mesti bekerjasama dan juga bersama seluruh masyarakat untuk mendidik anak.

Dikutip dari Sahabat Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, secara prinsip utamanya adalah guru pertama dan terpenting dalam mendidik karakter anak.

Sekolah harus melakukan apa saja untuk mendukung orangtua. Namun, sebaliknya, orangtua juga harus mendukung upaya sekolah untuk mengajarkan nilai-nilai dan karakter yang baik.

Pelibatan berbagai komunitas seperti lembaga keagamaan, komunitas bisnis, organisasi pemuda, media massa, dan sebagainya juga akan dalam pendidikan karakter juga akan membuat kerjasama orangtua dan guru semakin kuat.

Baca juga: Orangtua, Lakukan 4 Hal Ini agar Anak Suka Kimia dan Fisika

Semua pihak berperan sesuai porsinya masing-masing, tetapi saling bersinergi satu sama lain. Strategi utamanya adalah sekolah merekrut orangtua sebagai mitra utama pendidikan karakter dalam banyak hal.

Beberapa langkah kerjasama orangtua dan guru yang bisa dilakukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran karakter antara lain.

1. Melakukan pertemuan di awal tahun ajaran atau bahkan sebelum tahun ajaran berlangsung. Dalam pertemuan tersebut, tanamkan kesadaran pentingnya peran orangtua dalam penumbuhan karakter anak

2. Ingatkan orangtua, bahwa karakter anak terbentuk melalui apa yang dilihat, didengar dan dilakukan secara berulang-ulang oleh anak setiap harinya

3. Untuk memperkuat pemahaman orangtua, guru bisa memaparkan beberapa penelitian tentang pengaruh kuat orangtua dalam penumbuhan karakter anak

4. Selain dalam pertemuan itu, bisa juga digelar seminar atau lokakarya tentang pengasuhan anak atau parenting

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X