Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Lakukan 4 Hal Ini agar Anak Suka Kimia dan Fisika

Kompas.com - 21/01/2020, 07:44 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Mendengar kata Fisika atau Kimia pasti akan membuat siswa SMP takut. Dua mata pelajaran ini biasanya menjadi "momok" siswa selain matematika.

Sebab, untuk memperoleh nilai bagus di kedua mata pelajaran (mapel) ini membutuhkan perjuangan. Bahkan tak jarang, ada stereotipe guru kedua mata pelajaran ini umumnya juga sedikit galak.

Belum lagi, siswa akan dituntut orangtua untuk masuk kelas eksak (IPA) agar bisa meneruskan pendidikan di bidang saintek. Tentu hal ini bisa menambah beban para siswa.

Namun sebenarnya, kedua mata pelajaran ini sangat asyik untuk dipelajari. Tentunya apabila orangtua tahu trik untuk mempelajarinya.

Baca juga: 4 Manfaat Orangtua Dampingi Anak Belajar, Yakni...

Untuk itu, sebelum mengajarkan fisika dan kimia dengan cara asyik pada anak-anak, sebaiknya orangtua kenali dan pahami dulu kedua mata pelajaran tersebut.

  • Fisika adalah ilmu mengenai sifat dan gejala-gejala suatu benda yang terjadi di alam semesta, dalam lingkup ruang serta waktu.
  • Sedangkan kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, sifat zat atau materi.

Sebenarnya, belajar fisika dan kimia membuat otak anak terbiasa berpikir kritis dan selalu dibebani pertanyaan-pertanyaan menarik.

Hal ini bisa membuat mereka lebih cerdas. Dirangkum dari Sahabat Keluarga Kemendikbud RI, berikut 4 cara asyik yang bisa diterapkan orangtua untuk mengajak anak agar menyenangi pelajaran fisika dan kimia.

1. Anak diajak ke perpustakaan

Ketika berada di perpustakaan, orangtua bisa mengajak anak untuk mempelajari beberapa buku teks fisika dan kimia tingkat dasar dulu.

Biasanya di perpustakaan daerah atau nasional, ada bagian untuk memuat buku-buku ilmu pengetahuan alam bergambar yang ditujukan bagi anak usia sekolah dasar. Cari dan tunjukkan pada anak, baca buku itu bersama-sama.

2. Nonton film-film dokumenter

Menonton film disini khusus untuk film dokumenter yang memuat tentang biografi. Atau mengenai kehidupan para fisikawan dan kimiawan terkenal. Bisa pula film mengenai materi fisika dan kimia.

Baca juga: Jelang Ujian Akhir Semester, Ini 5 Tips Orangtua Dampingi Anak Belajar

3. Coba peragakan satu/dua metode belajar

Ini akan sedikit susah karena orangtua perlu mempelajari dahulu. Tapi, jika sudah bisa, maka cobalah memperagakan beberapa metode fisika dan kimia secara mandiri.

Barulah ajak anak bereksperimen. Ajak anak belajar fisika dan kimia dengan melakukan eksperimen yang asyik dan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

4. Undang guru khusus

Jika keuangan orangtua memungkinkan, maka orangtua bisa mengundang guru khusus yang sanggup mengajari anak fisika dan kimia dengan cara menyenangkan.

Cara ini juga penting, agar anak tidak bosan saat belajar fisika dan kimia. Guru yang humoris dan sangat menguasai ilmu fisika serta kimia, bisa menjadi pilihan terbaik untuk anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com