15 Universitas Penerima Dana Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2020

Kompas.com - 28/01/2020, 10:29 WIB
Menristek dan Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro telah mengumumkan 15 universitas penerima dana Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) 2020 pada Senin, 27 Januari 2020 di Gedung BPPT, Jakarta. DOK. KEMENRISTEK/BRINMenristek dan Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro telah mengumumkan 15 universitas penerima dana Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) 2020 pada Senin, 27 Januari 2020 di Gedung BPPT, Jakarta.

KOMPAS.com - Kementerian Riset dan Teknologi ( Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN) mengalokasikan pendanaan untuk penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat sebesar total 89,7 miliar rupiah.

Salah satunya bersumber dari dari Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). 

Menristek dan Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro telah mengumumkan 15 universitas penerima dana Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) 2020 pada Senin, 27 Januari 2020 di Gedung BPPT, Jakarta.

PTS perkuat riset dan pengabdian masyarakat

Menristek Bambang mendorong perguruan tinggi, termasuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk semakin banyak mendaftar proposal penelitian dan pengabdian masyarakat.

Baca juga: Kemenristek Dorong PTN Transparan soal Laporan Keuangan Riset

Ia menyampaikan tahun ini secara keseluruhan PTS mendapat proporsi pendanaan 55 persen atau 460 miliar Rupiah dari total pendanaan riset untuk perguruan tinggi selain PTNBH.

Jumlah judul proposal penelitian yang didanai juga menjadi yang tertinggi, yaitu 1.218.

" Perguruan tinggi swasta ini sudah mulai menunjukkan kiprah yang lebih aktif di dalam melakukan penelitian, jadi tidak hanya terbatas pada kegiatan pendidikan, tapi pada penelitian dan juga pengabdian masyarakat," ungkap Menteri Bambang.

15 universitas penerima dana

Dilansir dari rilis resmi Kemenristek/BRIN, berikut lima belas perguruan tinggi dengan proposal terbanyak untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didanai Kemenristek/BRIN:

1. Universitas Bosowa: 29 judul pengabdian kepada masyarakat dengan total pendanaan mencapai 3,4 miliar rupiah.

2. Universitas Tadulako: 22 judul pengabdian kepada masyarakat dengan total pendanaan mencapai 2,1 miliar rupiah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X