Kuliah Sambil Kerja? Tak Masalah, Ini 7 Tips agar Hidup Tetap Seimbang

Kompas.com - 29/01/2020, 15:42 WIB
Ilustrasi kerja malam ShuttermonIlustrasi kerja malam


KOMPAS.com - Bagi kamu yang saat ini berencana kuliah tapi memiliki keterbatasan ekonomi, tidak usah khawatir. Selain bisa mencari beasiswa, kamu juga bisa kuliah sambil kerja.

Ada banyak manfaat ketika kamu kuliah namun juga sambil bekerja. Selain mandiri secara finansial, kamu sudah memiliki banyak pengalaman dan juga jaringan saat lulus nanti.

Manfaat itu tentu bakal kamu rasakan ketika kamu lulus kuliah. Namun yang jadi persoalan, bagaimana mengatur waktu antara kuliah dan bekerja itu bisa seimbang?

Dirangkum dari laman resmi Universitas Pasundan, berikut 7 tipsnya:

Baca juga: Ingin Kuliah Sambil Kerja, UGM Buka Rekrutmen Tenaga Paruh Waktu

1. Kuatkan mental

Ketika memutuskan untuk kuliah sambil kerja, ini adalah pilihan. Karenanya, kamu harus memiliki mental kuat.

Mahasiswa lain menghabiskan waktu 24 jam untuk kuliah, main, berorganisasi, atau bersenang-senang. Namun sebaliknya, kamu harus mengorbankan sebagian kesempatan di sela kuliah untuk bekerja.

Disaat itulah mentalmu diuji kuat atau tidaknya menjalani kehidupan ini. Kalau berhasil lolos, kamu bisa menjadi generasi paling tangguh di masa tersebut.

2. Pilih pekerjaan freelance

Agar tidak mengganggu waktu kuliah, maka kamu harus memilih pekerjaan paruh waktu atau freelance.

Kamu tidak perlu setiap hari bekerja, asalkan honor yang didapatkan cukup untuk tambahan. Misalnya, dengan bekerja sebagai guru les privat, penulis lepas, atau berjualan barang di marketplace.

3. Bagi waktu berorganisasi

Meski terkadang tidak mungkin, tetapi sebenarnya kuliah sambil bekerja tetap bisa ikut organisasi di kampus. Ini bisa diatasi jika kamu bisa membagi waktu secara seimbang.

Semisal, dari hari Senin sampai Kamis kamu harus bekerja. Berarti, carilah organisasi yang aktivitas rutinnya di luar waktu tersebut. Mudah, kan?

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X