Tawaran Beasiswa Pendidikan di Belanda, Biaya Lebih Terjangkau dari Australia

Kompas.com - 29/01/2020, 18:38 WIB
Hamparan Bunga Tulip di Noordwijkerhout, Belanda. ShutterstockHamparan Bunga Tulip di Noordwijkerhout, Belanda.

KOMPAS.com - Belanda merupakan salah satu negara yang rutin menawarkan beasiswa untuk pelajar Indonesia. Negeri Kincir Angin ini dinilai potensial sebagai negara untuk melanjutkan studi.

Belanda menjadi salah satu negara yang memiliki sistem dan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Sehingga menjadi negara yang tepat bila kamu ingin melanjutkan studi S1 maupun S2 demi mengembangkan potensi akademik.

Selain itu, walau Belanda memiliki bahasa nasional sendiri, namun hampir semua program studi dan universitas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Jenis tes bahasa asing yang menjadi syarat pendaftaran hanya berupa IELTS atau TOEFL IBT. Berbeda dengan German, Jepang, Perancis, atau Korea misalnya yang juga mengharuskan mahasiswa internasional untuk menyertakan hasil tes bahasa setempat.

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 Singapura, Lulus Kuliah Langsung Penempatan Kerja

Bahkan, untuk biaya pendidikan setahun, biaya pendidikan di Belanda masuk dalam kriteria terjangkau ketimbang negara lain seperti Australia.

"Kisarannya sekitar Rp 150 juta per tahun sebelum mendapatkan potongan beasiswa. Bila dibandingkan dengan Australia, biaya pendidikan bisa mencapai Rp 400 juta," tutur Education Promotion Netherlands Education Indonesia Maulana Taufik.

Salah satu beasiswa resmi yang diberikan oleh pemerintah Belanda ialah Holland Scholarship. Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda bekerja sama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda.

Menariknya, beasiswa ini bisa digabungkan dengan beasiswa lainnya dan seleksinya tidak seketat beasiswa penuh.

Cakupan

1. Beasiswa senilai 5 ribu Euro atau sekitar Rp 75 juta di tahun pertama studi.

2. Tahun berikutnya dan sisa, biaya perlu ditanggung oleh penerima beasiswa Holland Scholarship dengan dana pribadi atau dapat digabungkan dengan beasiswa lainnya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X