Tertarik Jurusan Komunikasi? Ini Gambaran Biaya Kuliah di 5 PTN

Kompas.com - 30/01/2020, 17:26 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

KOMPAS.com - Peran komunikasi menjadi sangat penting di era revolusi industri 4.0 saat ini. Jika kamu tertarik bekerja di bidang media, agensi, kehumasan atau juga periklanan, jurusan Ilmu Komunikasi bisa menjadi rekomendasi.

Dalam jurusan ini, pelajaran yang akan kamu dapatkan nanti tidak sekadar tentang berkomunikasi, tapi kamu juga mendapat pelajaran seperti public speaking, kehumasan dan juga jurnalistik.

Jika kamu sudah memiliki rencana melanjutkan kuliah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri), berikut gambaran biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi di 5 kampus negeri.

Pemilihan kampus atau PTN tidak menunjuk pada pemeringkatan, favortisme atau kualitas terbaik namun lebih kepada ketersediaan akses data.

Baca juga: Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Akuntansi di 5 PTN Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Melansir dari laman resmi, Jurusan Ilmu Komunikasi masuk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Departemen Ilmu Komunikasi bertujuan menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang akan berkiprah sebagai tenaga profesional dan beretika moral dalam bidang ilmu dan praktek komunikasi, baik dalam kancah nasional maupun internasional.

Dalam program Sarjana Ilmu Komunikasi, mahasiswa akan diarahkan pada peminatan-peminatan yang mencakup secara khusus bidang Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan.

Selain program sarjana regular, Departemen Ilmu Komunikasi juga menyelenggarakan pendidikan untuk program sarjana non regular (paralel) dan kelas khusus internasional. Lulusan Ilmu Komunikasi umumnya bekerja di media massa, biro-biro iklan, perusahaan swasta (di bidang humas atau publikasi), atau di instansi-instansi pemerintahan.

Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

Biaya kuliah:

1. Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya. Skema pembayaran tersebut dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

2. BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 - Rp 5.000.000.

3. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

4. UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per-sks.

5. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap dengan besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 9.500.000,00 per semester, dan Rp 11.000.000,00 untuk uang pangkalnya.

Baca juga: Mengintip Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Universitas Negeri Tanah Air

2. Universitas Padjajaran (Unpad)

Melansir dari laman resmi, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad yang lahir pada 18 September 1960 merupakan Fakultas Ilmu Komunikasi pertama di Indonesia.

Selama lima puluh tahun, Fikom Unpad telah membuktikan dirinya sebagai penyelenggara pendidikan dan penelitian di bidang ilmu komunikasi.

Rentetan penghargaan berhasil diraih fakultas ini, dan pengakuan terakhir didapatkan yaitu penghargaan sebagai “The Best Universities School of Communications” .

Pada Jurusan Ilmu Komunikasi UNPAD, terdiri dari 1 program studi pada Diploma (D-IV), 7 program studi pada Sarajana (S-1), 1 Program Studi Pascasarjana (S-2 dan S-3).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.