Tertarik Jurusan Komunikasi? Ini Gambaran Biaya Kuliah di 5 PTN

Kompas.com - 30/01/2020, 17:26 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

KOMPAS.com - Peran komunikasi menjadi sangat penting di era revolusi industri 4.0 saat ini. Jika kamu tertarik bekerja di bidang media, agensi, kehumasan atau juga periklanan, jurusan Ilmu Komunikasi bisa menjadi rekomendasi.

Dalam jurusan ini, pelajaran yang akan kamu dapatkan nanti tidak sekadar tentang berkomunikasi, tapi kamu juga mendapat pelajaran seperti public speaking, kehumasan dan juga jurnalistik.

Jika kamu sudah memiliki rencana melanjutkan kuliah di PTN ( Perguruan Tinggi Negeri), berikut gambaran biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi di 5 kampus negeri.

Pemilihan kampus atau PTN tidak menunjuk pada pemeringkatan, favortisme atau kualitas terbaik namun lebih kepada ketersediaan akses data.

Baca juga: Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Akuntansi di 5 PTN Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Melansir dari laman resmi, Jurusan Ilmu Komunikasi masuk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip).

Departemen Ilmu Komunikasi bertujuan menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang akan berkiprah sebagai tenaga profesional dan beretika moral dalam bidang ilmu dan praktek komunikasi, baik dalam kancah nasional maupun internasional.

Dalam program Sarjana Ilmu Komunikasi, mahasiswa akan diarahkan pada peminatan-peminatan yang mencakup secara khusus bidang Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan.

Selain program sarjana regular, Departemen Ilmu Komunikasi juga menyelenggarakan pendidikan untuk program sarjana non regular (paralel) dan kelas khusus internasional. Lulusan Ilmu Komunikasi umumnya bekerja di media massa, biro-biro iklan, perusahaan swasta (di bidang humas atau publikasi), atau di instansi-instansi pemerintahan.

Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI.

Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X