DQLab
Komunitas data scientist

Komunitas praktisi dan industri dalam program belajar data science oleh DQLab (dqlab.id).

3 Alasan "Python" Banyak Dipilih Pemula Bidang Data, Unduh Cara Instalasi di Sini

Kompas.com - 30/01/2020, 19:55 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Untuk memulai karir di bidang data, tentunya kamu memiliki beberapa pertimbangan terkait bahasa pemrograman apa yang harus digunakan dan tentunya cocok untuk para pemula.

Ternyata Bahasa pemrograman Python lah jawabannya. Kira-kira kenapa ya?

Bahasa pemrograman yang dibuat oleh Guido van Rossum, yaitu Python pada dasarnya memiliki sintak atau bahasa pemrograman yang mudah dipahami dan digunakan.

Kamu harus tahu, dalam pembuatan program, Python sering kali dipakai oleh pemula yang ingin melakukan pengolahan data, lho! 

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa Python banyak dipilih oleh pemula dalam pengolahan data

1. Mudah diakses

Kode Python memang dirancang agar mudah dibaca, digunakan ulang, dan dipelajari. Salah satu bahasa pemrograman ini memiliki desain yang sederhana dan berfokus pada kemudahan dalam proses pengolahan data.

Python pun dapat digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah pengembangan software dan dapat dioperasikan di beberapa platform, diantaranya adalah linux, iOS dan Windows. Pada Windows sendiri, instalasi Python cukup mudah dilakukan, lho!

2. Menghemat waktu

Penggunaan Python untuk mengolah data dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu bagi para programmer. Kode Python yang digunakan pun lebih sedikit dibandingkan dengan kode-kode bahasa pemrograman yang lain.

Cara instalasinya pun tidak membutuhkan waktu yang panjang, kamu hanya perlu menyiapkan Komputer dengan sistem operasi Windows 10, Aplikasi Python 3, dan Aplikasi Visual Studio Community 2019 sebagai IDE untuk memenuhi kebutuhan dalam pengolahan data.

3. Instalasi Python praktis

Dalam instalasi Phython ada lima langkah yang harus dilakukan, diantaranya adalah menyediakan aplikasi python 3.8 kemudian tambahkan ke path lalu unduh. Herry Pebbi salah satu member yang berkolaborasi dengan DQLab membagikan pengetahuannya mengenai tulisan instalasi python pada windows 10.

“Belajar menggunakan bahasa pemrograman Python bisa meningkatkan semangat muda dengan memiliki ide dan inovasi di bidang teknologi dan informasi di Indonesia serta memajukan dunia pendidikan Indonesia,” ujar Herri.

Kamu juga ingin belajar Python serta cara instalasinya pada windows 10? Asah skill kamu dan mulai berkarir di bidang data bersama DQLab. Kamu bisa pelajari cara instalasi Python dengan mengunggah artikel tutorialnya di academy.dqlab.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.