Lulus Kuliah Kerja Freelance? Perhatikan 5 Hal Ini

Kompas.com - 03/02/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi bekerja freelance. SHUTTERSTOCKIlustrasi bekerja freelance.


KOMPAS.com - Perlu diketahui, dulunya kerja freelance atau bekerja lepas merupakan hal yang dianggap tidak memberikan pendapatan stabil. Bahkan ada yang beranggapan freelance adalah suatu pekerjaan yang belum jelas pekerjaannya.

Tapi, hal itu sudah berubah. Sekarang, pekerjaan freelance justru menjadi pusat perhatian bagi banyak orang. Sebab, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) setidaknya ada 5,89 juta orang usia produktif di Indonesia bekerja secara bebas dari berbagai bidang.

Adapula sebuah penelitian pada Mei 2019, sejumlah 55 ribu orang menjadi pekerja lepas mengerjakan proyek dari bidang desain dan multimedia.

Tidak hanya itu saja, diposisi kedua ialah bidang pekerjaan sebagai content writer yang jumlahnya 15 ribu orang. Serta ada pekerjaan freelance bidang Legal Consultant yang juga banyak peminatnya.

Baca juga: 7 Pekerjaan Baru Tahun 2020 Versi Linkedin

Bagi kamu para lulusan sekolah atau kuliah dan berniat kerja freelance sekarang tak perlu berkecil hati. Sebab, kerja freelance kamu punya banyak keuntungan.

Misalnya tidak terbatas ruang dan waktu, tidak memiliki atasan dan bahkan gajinya ditentukan oleh sebanyak apa hasil yang kamu berikan.

Jadi, sebelum kamu memutuskan kerja freelance ada baiknya memperhatikan 5 hal berikut ini yang dirangkum dari Rencanamu.id.

1. Wajib tahu perusahaan yang kamu pilih

Kamu harus tahu betul perusahaan atau klien apa yang kamu tuju itu. Contohnya, jika kamu jago membuat desain animasi, ada baiknya kamu cari tahu perusahaan/klien apa saja yang butuh jasamu.

Dari situ, kamu cari tahu perusahaan itu butuh freelance desain animasi yang seperti apa. Jika dapat, maka perusahaan/klien itu bereputasi atau tidak.

Jika ingin paham klien atau perusahaan itu, ada baiknya kamu kerjasama dengan para freelance yang lain. Bisa tanya bagaimana pekejaannya dan sebagainya.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X