Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Kalimat Tak Boleh Dikatakan saat "Interview" bagi "Fresh Graduate"

Kompas.com - 04/02/2020, 20:16 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bagi kamu yang sudah baru saja menyandang gelar "fresh graduate" atau baru saja lulus kuliah tentu sudah tidak sabar ingin segera bekerja. Tapi tunggu dulu, mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan.

Sebab, ada beberapa perusahaan yang mempunyai kriteria tinggi dalam mencari calon tenaga kerja/karyawan. Seperti psikotes hingga wawancara.

Jika kamu mendaftar suatu perusahaan dan sudah lolos psikotes, maka biasanya kamu akan dipanggil oleh perusahaan yang kamu tuju untuk ikut tes wawancara atau interview.

Ini artinya, perusahaan tersebut ingin kenal kamu lebih dekat lagi. Disamping itu, perusahaan juga telah mempertimbangkan kenapa kamu dipilih untuk ikut tes lanjutan.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa, Belajar di Kampus Merdeka Wajib Ada 9 Hal Ini

Tapi yang jadi persoalan, jika kamu baru saja lulus kuliah dan belum ada pengalaman kerja, tentu bakal menghadapi situasi "galau" atau grogi.

Memang benar, hal ini sudah lumrah dialami bagi para fresh graduate yang bingung nanti harus bagaimana ketika wawancara. Kalau salah ucap tentu berakibat fatal.

Jangan khawatir, berikut akan dibagikan tips kata-kata atau kalimat apa saja yang tidak boleh kamu katakan saat tes interview atau wawancara kerja:

1. Bertanya ini perusahaan apa?

Pertanyaan ini tidak boleh kamu tanyakan. Tapi kamu harus cari tahu dulu perusahaan yang kamu tuju itu bergerak di bidang apa. Jangan sampai kamu tidak tahu melamar ke perusahaan dan posisi yang dibutuhkan.

Tapi kamu harus paham dan berusaha menghargai perusahaan tersebut dengan semangat cari tahu di luar. Kemudian cari tahu juga bagaimana kamu bisa membantu perusahaan itu agar lebih maju.

2. "Saya gugup sekali"

Untuk kalimat ini jangan sampai kamu ucapkan ya. Sebab, jika wawancara kerja saja sudah tidak sanggup kamu hadapi, lantas bagaimana hal lain yang lebih sulit dan menantang ketika kamu masuk perusahaan tersebut.

Jadi, tetaplah tenang dan berusaha untuk terlihat percaya diri. Ini adalah modal utama yang bagus.

3. "Saya akan kerja di bidang apapun"

Cobalah untuk tidak mengatakan hal ini. Tapi sebaiknya kamu katakan bahwa kamu bersemangat untuk bekerja di posisi tertentu namun mau belajar dan cepat beradaptasi jika ada tugas lain ke depannya.

Baca juga: Lowongan Kerja BRI bagi Lulusan S1 dan S2

4. "Sudah ada di dalam CV saya"

Di dalam CV kamu tentu sudah mencantumkan semua informasi dirimu. Tetapi undangan wawancara kerja adalah upaya untuk melihat pembawaan kamu, dan cara kamu berbicara serta menceritakan apa yang kamu tulis.

Pada kesempatan ini, kamu harus bercerita dengan percaya diri siapa kamu dan hal-hal bagus. Apalagi yang tidak sempat kamu sebutkan di CV.

5. Hindari berkata "hmm" atau "sepertinya"

Untuk kata semacam ini justru membuat kamu terlihat kurang percaya diri. Atau malah kamu mengarang hasil yang tidak pernah kamu capai. Cobalah katakan angka atau data yang jelas dan penuh keyakinan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com