Dosen dan Mahasiswa, Belajar di Kampus Merdeka Wajib Ada 9 Hal Ini

Kompas.com - 04/02/2020, 12:23 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi


KOMPAS.com - Ketika kamu kuliah di kampus atau perguruan tinggi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Salah satunya ialah karakteristik proses pembelajarannya.

Seperti apa karakteristiknya? Simak informasi yang dirangkum dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 3 Tahun 2020 ini.

Permendikbud ini isinya tentang standar nasional pendidikan tinggi. Peraturan tersebut untuk menjalankan kebijakan dari Mendikbud Nadiem Makarim yang baru-baru ini meluncurkan kebijakan baru bertajuk " Kampus Merdeka".

Adapun Kampus Merdeka adalah bagian dari konsep " Merdeka Belajar" yang sebelumnya telah diluncurkan pada akhir 2019. Dalam Kampus Merdeka itu terdapat empat penyesuaian kebijakan di lingkup pendidikan tinggi.

Baca juga: 8 Syarat Pembukaan Prodi Baru Berdasarkan Permendikbud 7/2020

Di Permendikbud 3/2020 Pasal 10 berbunyi standar proses pembelajaran merupakan kriteria minimal tentang pelaksanaan pembelajaran pada program studi untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan.

Dalam proses pembelajaran itu ada 9 karakteristik yang ingin dicapai. Berikut isi dari pasal 11:

1. Interaktif

Dalam pasal 11, sifat interaktif menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.

2. Holistik

Karakteristik holistik menyatakan bahwa proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.

3. Integratif

Capaian pembelajaran lulusan bisa diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi. Ini untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program, melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin.

4. Saintifik

Selain itu, capaian pembelajaran lulusan juga dapat diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X