Beasiswa S2 Belanda bagi Profesional Muda Tanpa Harus Berhenti Kerja

Kompas.com - 05/02/2020, 14:19 WIB
Taman Bunga Tulip di Kota Amsterdam. ShutterstockTaman Bunga Tulip di Kota Amsterdam.

KOMPAS.com - Program beasiswa S2 luar negeri Orange Knowledge Programme (OKP) merupakan program lima tahun (2017 – 2022) didanai Kementrian Luar Negeri Belanda dan dikelola oleh Nuffic Neso.

Di tahun 2020 ini, pendaftaran beasiswa luar negeri OKP dimulai pada tanggal 5 Februari 2020 dan akan ditutup pada tanggal 24 Maret 2020.

Salah satu program beasiswa yang ditawarkan oleh OKP adalah beasiswa individual, terbuka bagi para profesional muda yang berkewarganegaraan, menetap, dan bekerja di salah satu negara yang terdaftar dalam list OKP, salah satunya Indonesia.

Sedikit berbeda dengan beasiswa lainnya, OKP dihadirkan untuk menambah skill kandidat yang dapat diaplikasikan langsung di tempat bekerja saat masa studi berakhir.

Baca juga: Tawaran Beasiswa Pendidikan di Belanda, Biaya Lebih Terjangkau dari Australia

Dengan begitu, salah satu syarat OKP adalah persetujuan kantor agar peserta dapat kembali bekerja setelah menyelesaikan masa studi.

Di Indonesia, tiga tema prioritas OKP adalah bidang Keamanan dan Penegakan Hukum, Keamanan Pangan dan Nutrisi, serta Air.

Cakupan beasiswa

1. Biaya pendidikan penuh hingga akhir masa studi.

2. Biaya hidup dan akomodasi.

3. Biaya visa, tiket perjalanan, asuransi, dan kebutuhan lain yang berhubungan dengan studi.

Baca juga: Beasiswa S2/S3 ke Selandia Baru, Uang Saku Rp 4 Jutaan per Minggu

Syarat pendaftar

OKP memiliki sejumlah kriteria kelayakan, antara lain:

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X