Tertarik Isu Perdamaian? Ikuti Beasiswa PBB untuk 10 Pemuda Terpilih

Kompas.com - 05/02/2020, 19:39 WIB
Foto diambil pada kisaran 1948, menunjukkan kondisi Kota Hiroshima yang hancur luluh lantak, beberapa tahun setelah AS menjatuhkan bom atom di kota itu. Pada 73 tahun lalu, Agustus 1945, AS menjatuhkan bom Little Boy di Kota Hiroshima, Jepang, sebagai tahap akhir PD II yang menewaskan lebih dari 120.000 orang. Setelah Hiroshima, Kota Nagasaki menjadi sasaran berikutnya. AFP PHOTO/FILESFoto diambil pada kisaran 1948, menunjukkan kondisi Kota Hiroshima yang hancur luluh lantak, beberapa tahun setelah AS menjatuhkan bom atom di kota itu. Pada 73 tahun lalu, Agustus 1945, AS menjatuhkan bom Little Boy di Kota Hiroshima, Jepang, sebagai tahap akhir PD II yang menewaskan lebih dari 120.000 orang. Setelah Hiroshima, Kota Nagasaki menjadi sasaran berikutnya.

KOMPAS.com - Buat kamu yang tertarik dengan isu perdamaian dunia, ada tawaran menarik dari Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB).

United Nations Office for Disarmament Affairs mencari anak muda yang termotivasi untuk menggunakan bakat yang dimiliki untuk membantu meningkatkan kesadaran dan mempromosikan perubahan untuk dunia yang lebih damai dan aman.

Kamu bisa mengikuti kegiatan United Nations Youth Champions for Disarmament yang akan digelar pada bulan Juni 2020. Kamu berkesempatan untuk mengunjungi empat lokasi yaitu Jenewa, Wina, Nagasaki, dan Hiroshima.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB António Guterres dalam siaran pers, mendorong pemberdayaan kaum muda, mengakui peran mereka sebagai kekuatan utama untuk mendukung pelucutan senjata.

Baca juga: Yuk Ikut Konferensi Jurnalistik di London, Gratis Transportasi dan Akomodasi

Majelis Umum PBB juga menegaskan kembali kontribusi penting dan positif yang dapat dilakukan oleh kaum muda untuk memajukan dan mencapai pembangunan berkelanjutan dan perdamaian, dengan suara bulat mengadopsi resolusi baru berjudul "Pemuda, perlucutan senjata, non-proliferasi, dan pengendalian senjata".

PBB dengan dukungan Pemerintah Jerman, menyerukan kepada kaum muda untuk mengajukan program pembelajaran inovatif yang bertujuan memberdayakan mereka untuk bekerja untuk perlucutan senjata di komunitas mereka.

Dalam program ini tersedia 10 beasiswa untuk pemuda yang terpilih untuk mengikuti kegiatan United Nations Youth Champions for Disarmament.

Cakupan Beasiswa

  1. Biaya transportasi dan akomodasi
  2. Pelatihan prinsip-prinsip umum pelucutan senjata
  3. Tur pribadi di Wina, Jenewa, Hiroshima, dan Nagasaki
  4. Diskusi dengan lembaga, komunitas yang terkait dengan pelucutan senjata, non-proliferasi, dan pengendalian senjata
  5. Bimbingan seluruh program

Syarat Peserta

  1. Berusia 18-24 tahun
  2. Memiliki minat di hubungan internasional
  3. Diutamakan bisa berbahasa Inggris
  4. Latar belakang sejarah, sains, ekonomi, bahasa, film, media, tari, lagu, teater, seni visual, kreatif menulis atau bidang lain apa pun didorong untuk mengirim

Syarat Dokumen

  1. Surat rekomendasi
  2. Transkrip akademik

Batas waktu pendaftaran United Nations Youth Champions for Disarmament adalah 18 Maret 2020. Untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan dan pendaftaran United Nations Youth Champions for Disarmament, silakan kunjungi halaman https://www.un.org/disarmament/youth-champions-for-disarmament

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X